Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat

Presiden Jokowi bertegur sapa dalam perjalanan akan meresmikan Bendungan Bintang Bano
Presiden Jokowi bertegur sapa dalam perjalanan akan meresmikan Bendungan Bintang Bano

Gemapos.ID (Jakarta) - Dihari kedua kunjungan kerja di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (14/1/22), akan meresmikan Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat.

Sebagaimana keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU sekitar pukul 09.25 WITA.

Baca Juga:

    Setibanya di helipad Bendungan Bintang Bano, Kabupaten Sumbawa Barat, Presiden akan langsung menuju lokasi peresmian. Selain itu, Presiden juga diagendakan untuk meninjau langsung fasilitas bendungan tersebut.

    Dijadwalkan, usai melaksanakan salat Jumat, Presiden dan rombongan akan kembali ke Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid dengan menggunakan helikopter. Setibanya di bandara tersebut, mereka akan lepas landas kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

    Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Kabupaten Sumbawa Barat antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto.

    Sementara itu, Bendungan Bintang Bano merupakan salah satu dari 61 bendungan yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Di samping Bendungan Bintang Bano, terdapat lima bendungan PSN lain di Provinsi NTB.

    Dari keterangan di situs resmi Kementerian PUPR, Bendungan Bintang Bano telah dibangun dalam dua tahap di mana Tahap I dilaksanakan pada 2015-2019 dengan anggaran Rp996,7 miliar dan Tahap II pada 2020-2021. Pembangunan Bendungan Bintang Bano Tahap II dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya - PT Hutama Karya - PT Bahagia Bangun Nusa (KSO) dengan anggaran Rp441,4 miliar.(ant/ap)