Gerindra Angkat Bicara Soal Vidio Viral Prabowo Tak Injak Karpet Merah di Istana

Tangkap layar-Prabowo saat HUT RI ke-78 (foto: Gemapos/setpres)
Tangkap layar-Prabowo saat HUT RI ke-78 (foto: Gemapos/setpres)


Gemapos.ID (Jakarta) Viral sebuah video di TikTok yang memperlihatkan Menhan Prabowo Subianto berjalan di Istana dan menghindari karpet merah. Bahkan dia menyuruh putranya Didit Hediprasetyo untuk tidak juga berjalan di atas karpet merah.

Menurut pantauan Gemapos, Jumat (18/8/2023), momen itu terjadi saat Prabowo tiba di Istana Merdeka untuk mengikuti upacara HUT RI ke-78. Prabowo didampingi putranya Didit Hediprasetyo.

Untuk masuk ke Istana Merdeka, memang harus melewati tangga untuk menuju ke pelataran. Di tangga tersebut disediakan karpet merah di bagian tengah.

Dalam video itu, Prabowo terlihat berjalan di pinggir tangga. Dia menghindari karpet merah yang berada di begian tengah tangga itu.

Prabowo pun juga tampak mengingatkan putranya untuk tidak menginjak karpet tersebut. Gerindra buka suara soal sikap Prabowo ini.

Waketum Gerindra Habiburokhman mengatakan Ketumnya itu paham betul etika dan adab. Dia lantas memuji sikap Prabowo.

"Beliau paham banget etika dan adab. memang keren banget Pak Prabowo ini," ujarnya.

Habiburokhman mengatakan karpet merah merupakan tradisi sebagai penanda rute kepala negara di acara seremonial. Menurutnya tidak patut jika orang lain menginjak terlebih dahulu sebelum Jokowi lewat.

"Karpet merah adalah tradisi yang digunakan untuk menandai rute laluan kepala negara pada acara-acara seremonial. Jadi kalau kepala negara belum lewat kita nggak boleh injak," ucapnya.

Habiburokhman mengatakan gaya kepemimpinan Prabowo bukan hanya dari kinerja dan gagasan. Tapi juga praktik etika yang diterapkan dalam keseharian.

"Kepemimpinan beliau terlihat bukan hanya dari kinerja dan gagasan-gagasan besar, tetapi juga dari praktik-praktik sederhana seperti etika melewati karpet merah tersebut," ucapnya.(da)