Prabowo Singgung Soal Praktik 'Koncoisme' di Wisuda Unhan

Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto Sampaikan Sambutan dalam acara wisuda di Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (12/2/2024). (gemapos/Tangkap Layar)
Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto Sampaikan Sambutan dalam acara wisuda di Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (12/2/2024). (gemapos/Tangkap Layar)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hadiri acara wisuda di Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (12/2/2024).

Prabowo Subianto tiba di lokasi sekitar pukul 08.14 WIB, kemudian memberikan sambutan setelah Rektor Unhan Letjen Jonni Mahroza.

“Saya tetap putuskan hadir di sini,” ujar Prabowo dalam sambutannya kepada para wisudawan/wisudawati program sarjana, magister, dan doktor, dikutip pada Senin (12/2/2024).

Diketahui bahwa hari ini Prabowo dijadwalkan akan mengikuti sidang kabinet di Istana Negara. Namun, sidang tersebut ditunda hingga beberapa jam kedepan.

“Saya katanya ada sidang. Tapi sidang kabinet ditunda jadi saya agak lama pidato di sini,” kata Prabowo.

Dalam sambutan, Menteri Pertahanan tersebut sampaikan kritikannya terhadap praktik-praktik koncoisme atau koneksi. Praktik koncoisme adalah praktik yang tidak baik dalam promosi dan pemberian penghargaan di banyak tempat di negara ini.

"Kalau negara kita mau maju, mau hebat (maka) yang dihormati, yang dihargai, yang harus segera dipromosikan perlu segera diberi penghargaan (adalah) mereka yang berprestasi. Kita harus menuju ke arah merit system," lanjut Prabowo dengan tegas.

"Kebiasaan kita adalah nanti koneksi, koncoisme, kamu anaknya siapa, kamu ponakannya siapa, dan sebagainya," kata kembali Prabowo mengkritik.

Sebagai informasi, 'Merit system' atau 'sistem merit' adalah sistem yang menjadikan kompetensi dan prestasi sebagai pertimbangan utama dalam manajemen sumber daya manusia. Ada pula istilah meritokrasi, sistem yang memberikan kesempatan kepada seseorang untuk memimpin berdasarkan kemampuan atau prestasi, bukan berdasarkan kekayaan, senioritas, dan sebagainya. Lawan dari merit system adalah 'koncoisme' dan pertimbangan faktor 'koneksi' sebagaimana yang disebut Prabowo.

Namun di samping itu Prabowo bersyukur, di Unhan tidak terdapat praktik koncoisme dan faktor koneksi seperti itu. Unhan menerapkan meritokrasi. Prabowo meminta tradisi ini diteruskan oleh Unhan. Dengan meritokrasi, orang-orang yang tidak berprivilese dapat meraih prestasi karena faktor kemampuannya, bukan faktor lain.

"Ada anaknya petani, ada anaknya pekerja pelabuhan, ada anaknya penjual bakso di pasar. Ini membanggakan hati saya, membesarkan hati saya. Ini adalah Indonesia yang kita cita-citakan," kata Prabowo.

Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa tenang Pemilu 2024 mulai Minggu-Selasa (11/2/2024) hingga Selasa (13/2/2024). Merujuk Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 Pasal 1, masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu. Aturan tersebut menetapkan, masa tenang berlangsung H-3 sampai H-1 pemungutan suara 2024 yang digelar Rabu (14/2/2024). (kt)