Perayaan Imlek, Wapres Ajak Umat Konghucu Ciptakan Pemilu Damai

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin. (gemapos/BPMI-Setwapres)
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin. (gemapos/BPMI-Setwapres)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Presiden Ma’ruf dalam Perayaan Nasional Hari Raya Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili meminta segenap bangsa Indonesia termasuk umat Konghucu agar mendukung terciptanya Pemilu 2024 yang damai dan sejuk.

“Saya mengajak semua pihak turut menyukseskan agenda nasional yang penting ini. Para tokoh agama Konghucu agar berperan lebih dalam mendukung terciptanya pemilu yang sejuk dan damai. Umat Konghucu juga diharapkan mampu menggunakan hak politiknya secara bertanggung jawab,” imbau Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat menghadiri Perayaan Nasional Hari Raya Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili secara daring, dari Kediaman Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2024).

Diketahui bahwa acara yang digelar oleh Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) mengangkat tema “Malu bila Tidak Tahu Malu, Menjadikan Orang Tidak Menanggung Malu”.

Lebih lanjut Wapres menekankan, bangsa Indonesia harus mampu menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan matang dalam berdemokrasi, sekaligus bangsa yang dewasa dalam mengelola perbedaan dan mampu bangkit dari keterpurukan.

“Kita harus berupaya dan saling mendukung untuk tumbuh lebih kuat, mandiri, sejahtera, dan berkelanjutan,” tegasnya.

Wapres meyakini, Indonesia akan selalu dianugerahi para pemimpin yang mampu menyatukan berbagai perbedaan dan juga memanfaatkannya sebagai salah satu pilar kekuatan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Tak lupa Marberharap agar Tahun Baru Imlek kali ini seyogianya disambut sebagai momentum perbaikan diri, peningkatan integritas, serta penguatan komitmen berbangsa dan bernegara yang lebih baik guna menghadapi tantangan tersebut.

“Kepada segenap umat Konghucu, kiranya selalu mampu memperbarui diri, berpartisipasi aktif, dan berkontribusi positif di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ajak Wapres.

Selain itu, Wapres meminta seluruh organisasi masyarakat berbasis agama, termasuk MATAKIN, terus berperan dalam menjaga kerukunan antarumat beragama serta membangun kesatuan dan keutuhan nasional demi kesejahteraan masyarakat.

“Dukungan dari semua pihak, termasuk peran tokoh agama dan umat Konghucu, akan menjadi sebuah stimulus bagi pemerintah untuk bekerja lebih maksimal demi kemajuan bangsa,” ujar Wapres optimis.

Menurutnya, kerukunan dan persatuan di tanah air, salah satunya, dapat diperkuat melalui budaya malu yang telah tertanam di masyarakat Nusantara secara turun-temurun.

“Rasa malu merupakan sifat fundamental untuk terwujudnya kebaikan sekaligus untuk menciptakan jarak dari keburukan. Seseorang yang memiliki rasa malu akan takut melakukan tindakan yang tidak sesuai norma, nilai, dan etika. Dengan demikian, ia tidak akan melakukan perbuatan yang menyakiti sesamanya,” kata Wapres mengingatkan.

Selain itu, ia juga mendorong peran seluruh pemuka agama, termasuk pemuka agama Konghucu, dalam membudayakan rasa malu di kalangan umat.

“Ajaran, nasihat, dan edukasi kepada umat terus diperlukan, agar rasa malu dalam diri individu mampu berkembang menjadi sebuah tata nilai komunal yang mengukuhkan identitas bangsa. Dengan demikian, keteraturan, kerukunan, dan persatuan bangsa ini senantiasa terpelihara,” ucap Wapres.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, untuk pertama kalinya, tahun ini Kementerian Agama memfasilitasi perayaan nasional Hari Raya Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili sebagai wujud kepedulian negara dan pemerintah terhadap umat Konghucu dan terjalinnya hubungan yang harmonis di antara sesama warga bangsa.

“Konghucu adalah salah satu elemen bangsa yang ikut memperkuat persatuan nasional. Negara mengakui keberadaan agama Konghucu sama seperti agama lain dan menjamin hak umat Konghucu untuk mengamalkan ajaran agama dengan mengekspresikan nilai-nilai budayanya di tanah air yang kita cintai ini,” tutur Yaqut.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum MATAKIN Budi Santoso Tanuwibowo mengungkapkan bahwa bangsa ini mempunyai harta yang sangat berharga berupa persatuan yang telah dibangun selama 350 tahun. Modal penting Indonesia ini diharapkan tidak rusak hanya karena konstestasi politik dalam Pemilu 2024.

“Jangan sampai bangsa ini terpecah-belah hanya karena kepentingan sesaat. Kita membangunnya 350 tahun, ditambah 78 tahun, dan kita pun belum puas. Jangan, jangan, jangan sampai kalau apa yang kita takutkan itu (bangsa terpecah-belah) terjadi,” harap Budi.

Adapun pihak yang turut hadir dalam acara ini, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki dan jajaran Kementerian Agama, serta perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Sementara itu, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Masykuri Abdillah, Muhammad Imam Aziz, dan Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon dan Farhat Brachma. (kt)