Menhan Prabowo Terima Penghargaan Militer Tertinggi Dari Singapura

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) oleh Pemerintah Singapura, di Istana Kepresidenan Singapura, Selasa (21/11/2023). (gemapos/akurat.co)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) oleh Pemerintah Singapura, di Istana Kepresidenan Singapura, Selasa (21/11/2023). (gemapos/akurat.co)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) oleh Pemerintah Singapura. Tentera sendiri merupakan sebuah penghargaan militer tertinggi dari Pemerintah Singapura.

Penganugerahan diberikan langsung oleh Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam di Istana Kepresidenan Singapura di Istana Kepresidenan Singapura, Selasa (21/11/2023).

Hadir juga Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dalam penganugerahan ini.

Pemberian penghargaan kepada Prabowo ini dinilai karena telah memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan hubungan pertahanan antara Indonesia dan Singapura. Prabowo juga berjasa meningkatkan hubungan kerjasama TNI dengan militer Singapura.

"Sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia sejak tahun 2019, Yang Mulia Prabowo Subianto telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan hubungan pertahanan antara Republik Indonesia dan Republik Singapura," ujar salah satu perwakilan pemerintah Singapura dalam pembacaan penganugerahan.

"Di bawah kepemimpinan Yang Mulia Prabowo Subianto, Perjanjian Kerja Sama Pertahanan kedua negara telah diratifikasi. Hal ini merupakan tonggak penting dalam hubungan pertahanan bilateral. Selain memperkuat hubungan pertahanan strategis kedua negara, perjanjian kerja sama pertahanan akan memungkinkan kerja sama dan interaksi yang lebih erat antara TNI dan militer Singapura".

"Perjanjian tersebut juga akan memfasilitasi eksplorasi, diskusi dan pengawasan bidang-bidang baru kerja sama pertahanan. Kedua negara berharap dapat memberlakukan perjanjian kerja sama pertahanan, sebagai bagian dari serangkaian perjanjian di bawah kerangka yang diperluas antara Indonesia dan Singapura," imbuhnya.

Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) diberikan kepada tentara Singapura yang jasanya luar biasa bagi negara. Penghargaan juga diberikan kepada orang di luar tentara Singapura yang berjasa dalam kerja sama militer dengan Singapura. (ns)