Demokrat Sentil Baju Kampanye Ganjar, Ini Katanya

Ganjar Pranowo menghadiri Silaturahmi 1 Muharam 1445 H Relawan Ganjar Pranowo di Gedung Serba Guna Senayan (foto: twitter/ganjarpranowo)
Ganjar Pranowo menghadiri Silaturahmi 1 Muharam 1445 H Relawan Ganjar Pranowo di Gedung Serba Guna Senayan (foto: twitter/ganjarpranowo)


Gemapos.ID (Jakarta) Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, mengomentari baju kampanye calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo yang didesain oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kamhar mempertanyakan keaslian dari Ganjar Pranowo. Sebab, jika ada sangkut pautnya dengan Presiden Jokowi, Ganjar dinilai sebagai capres serba Jokowi.

"Wajar saja jika kemudian ada pertanyaan-pertanyaan kritis, apa yang sebenarnya orisinal dari Pak Ganjar? Karena ada kesan menjadi capres berarti menjadi serba Jokowi atau menjadi Jokowi," kata Kamhar dalam keterangannya, Kamis (20/7).

Kamhar juga menilai Ganjar tengah melakukan gimik politik lantaran mengkampanyekan desain bajunya dari Presiden Jokowi. Hal tersebut, lanjut dia, dapat meningkatkan efek elektoral dari pendukung Jokowi.

"Jika Pak Ganjar saat ini sudah merilis baju kampanyenya, sambil mengkampanyekan bahwa itu di desain Pak Jokowi sebagai bagian dari gimik politik untuk mendapatkan efek elektoral dari pendukung Jokowi, silakan saja. Sah-sah saja," ucapnya.

Namun demikian, Kamhar mengatakan atribut kampanye merupakan sesuatu yang penting dalam setiap kompetisi maupun kontestasi. Atribut kampanye dapat mewakili gagasan tertentu hingga sekadar hanya untuk unjuk gigi dari yang lainnya. Soal baju kampanye untuk Anies, Koalisi Perubahan belum merancang.

"Baju kampanye memang menjadi salah satu atribut penting dalam setiap kompetisi atau kontestasi. Biasanya ini mewakili gagasan, konsep atau karakter tertentu. Meskipun ada juga yang sekadar untuk gagah-gagahan sebagai pembeda dibanding yang lainnya," pungkas dia.

Bacapres usungan PDI-Perjuangan, Ganjar Pranowo, memamerkan baju baru simbol relawannya di acara Silaturahmi 1 Muharam 1445 Hijriah di Wisma Serba Guna, GBK, Rabu (19/7).

Baju itu berupa sebuah kemeja putih hitam garis-garis vertikal. Ganjar menceritakan, desain baju ini diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Beliau menyampaikan selembar kertas kepada saya ‘Pak Ganjar, mungkin ini bagus’ saya lihat, saya bolak, saya balik, apa yang bagus itu adalah baju yang saya pakai ini,” kata Ganjar sambil menirukan percakapannya dengan Jokowi dalam pidatonya di depan relawan, Rabu (19/7).(da)