Hutama Karya Resmi Ditunjuk Lanjutkan Proyek Tol Bocimi, Ini Alasannya

Bagian Dalam Hutama Karya Tower (foto: google maps)
Bagian Dalam Hutama Karya Tower (foto: google maps)


Gemapos.ID (Jakarta) PT Hutama Karya (Persero) telah resmi ditunjuk untuk melanjutkan proyek pembangunan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang sebelumnya digarap oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Pengalihan proyek pembangunan itu didasari oleh kondisi keuangan Waskita yang dinilai masih berat untuk menyelesaikan proyek jalan tol tersebut. Mengingat skema pembangunan itu merupakan investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Hal itu seperti diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja dikutip Rabu (19/7/2023).

"Itu kebijakan pemerintah, dialihkan, kalau tidak kan Waskita berat melanjutkan investasi," ujar Endra.

Saat ini, lanjut Endra, progres pengalihan konstruksi tersebut dalam tahap pembuatan PPJT (Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol) baru. Sebab Waskita perlu menutup PPJT sebelumnya ketika proyek tersebut diambil alih oleh HK.

Sehingga, nantinya HK bukan hanya mendapatkan tugas untuk menyelesaikan konstruksinya saja, namun juga sekaligus menjadi operator jalan tol tersebut.

"Itu nanti diteruskan HK, kan tinggal di alihkan PPJT, dititup, kemudian dibuat PPJT baru" lanjutnya.

Endra menilai HK lebih cocok untuk mengambil alih proyek tol Bocimi dibandingkan dengan BUMN lain seperti Jasa Marga dan lainnya. Karena bukan hanya menjadi operator jalan tol, tapi juga harus menyelesaikan konstruksinya terlebih dahulu.

"Kan (Bocimi) harus ada konstruksinya juga, jadi Konstruksi, kemudian mengoperasikan itu HK, kalau Jasa Marga kan dia lebih mengoperasikan, ini kan belum ada jalan tolnya," kata Endra.

Disamping itu, menurutnya saat ini kondisi keuangan HK juga dinilai cukup sehat. Terlebih pasca carinya PMN (Penyertaan Modal Negara) ditambah hasil divestasi dua ruas tol di Trans Sumatera senilai Rp20 triliun. Hal itu membuat HK juga lebih dipercaya untuk menyelesaikan proyek tol Bocimi hingga Sukabumi Barat.

"Jadi HK selain yang Bocimi dia juga bisa ngerjain yang lain-lain, itu kan tergantung Pemerintah. Utamanya kalau PMN untuk Trans Sumatera, tapi bisa juga ambil alih ruas di Jawa, contohnya Bocimi dan lainnya," pungkasnya. (aa)