Pimpin Upacara HUT DKI, Ini Kata Heru Budi Soal Nasib Jakarta Ketika Bukan Lagi Ibu Kota

Heru Budi Hartono (ist)
Heru Budi Hartono (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Jakarta, Kamis (22/6/2023) di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Dalam memberikan sambutannya, Heru menerangkan bahwa tema HUT DKI Jakarta kali ini adalah "Jakarta Jadi Karya Untuk Nusantara". Tema itu menggambarkan nasib Jakarta melanjutkan pembangunan dan pengembangan setelah tidak lagi berstatus sebagai ibu kota negara.

"Setelah (tidak) menyandang status sebagai ibu kota negara, Jakarta akan bertransformasi sebagai kota global. Berperan sebagai simpul utama dalam jaringan ekonomi dunia," ujar Heru Budi dihadapan jajarannya, Kamis.

"Namun, Jakarta memiliki dampak langsung dan nyata terhadap urusan sosial dan ekonomi global," sambungnya. Heru Budi berharap Jakarta bisa semakin mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki. Dengan begitu, upaya melanjutkan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat bisa terwujud.

"Serta menjadi pemicu kemajuan bagi daerah lain di Indonesia," pungkasnya. Untuk diketahui, Pemerintah akan memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke IKN Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, pemindahan ibu kota ini merupakan pemikiran Bung Karno sejak dekade 1960-an. Gagasan ini kemudian direalisasikan karena melihat kondisi DKI Jakarta yang sudah sangat padat dan macet. Meski demikian, pemerintah akan terus memperbaiki Jakarta untuk menjadi kota bisnis, ekonomi, dan pariwisata.