Ini Perkembangan Ruas Tol Trans Sumatra Mulai Akhir Tahun Ini Sampai Tahun Depan

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143 kilometer (km) dibagi menjadi enam seksi.
Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143 kilometer (km) dibagi menjadi enam seksi.

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) menyebutkan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dan Jalan Tol Indrapura-Kisaran sebagai bagian dari ruas tol Trans Sumatera yang akan selesai.

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi - Parapat diproyeksikan mendukung konektivitas Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Keberadaan tol ini mengurangi waktu tempuh menjadi 1,5 jam.

Selain itu akan terkoneksi dengan Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung dan Industrial Estate. Jadi, akses pendistribusian logistik dari Medan ke kawasan industri sekitarnya hingga ke pelabuhan semakin mudah.

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143 kilometer (km) dibagi menjadi enam seksi.

Seksi 1, yaitu Tebing Tinggi-Inderapura sepanjang 20,40 km yang sudah selesai sebesar 94,79%. Jadi, konstruksi ini diperkirakan selesai pada Desember 2022.

Kemudian, seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung sepanjang 18,0 km yang telah mencapai 75,32%. Selanjutnya, seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 km yang  selesai mencapai 64,62%.

Berikutnya, Junction Tebing Tinggi sepanjang 7,07 km yang selesai mencapai 63,79% dipatok selesai pada awal 2023.

Selanjutnya, Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 km yang mencapai 57,03%. Seksi ini ditargetkan selesai pada pertengahan 2023. 

Keempat seksi ruas ini merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita.

Sementara itu untuk Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok sepanjang 22,30 km dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat sepanjang 16,70 Km) yang saat ini masih tahap persiapan.

Untuk Seksi 1-4 merupakan dukungan BUJT PT Hutama Marga Waskita dan Seksi 5-6 merupakan dukungan Pemerintah.

Tol Indrapura-Kisaran memiliki dua Seksi, yakni Seksi 1 Indrapura-Limapuluh sepanjang 15,60 Km dan Seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32,15 Km. 

Saat ini progres konstruksi keseluruhan telah mencapai 64,97% yang ditargetkan akan selesai pada 2023. 

Jalan Tol Indrapura-Kisaran yang dikelola oleh BUJT PT Hutama Karya (Persero) menjadi konektivitas pendukung antar wilayah dari Medan ke Kisaran dan wilayah sekitarnya.

Selain itu menghubungkan sentra-sentra produksi dan menjadi akses ke berbagai destinasi wisata di Sumatera Utara (Sumut). (dtf/adm)