Hutama Karya Lanjutkan Proyek Pembangunan Tol Bocimi yang Digarap Waskita

Ilustrasi: Tol bocimi tahap 3
Ilustrasi: Tol bocimi tahap 3

Gemapos.ID (Jakarta)- Sekretaris Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Suroto mengatakan proyek pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 3 akan dilanjutkan oleh PT Hutama Karya (Persero) setelah adanya keputusan penundaan penyertaan modal negara (PMN) ke Waskita. 

Namun, Suroto mengatakan detail tersebut masih dibicarakan antara Waskita dan Hutama Karya sebagai badan usaha jalan tol. 

"Tetap lanjut, dengan opsi Waskita akan dibantu Hutama Karya untuk masuk dan menggarap Tol Bocimi sampai dengan penyelesaian Seksi 3. Opsi bantuan Hutama Karya masih dalam proses," ujarnya, Rabu (31/5/2023).

Kemudian Suroto menjelaskan, untuk penyelesaian Jalan Tol Bocimi progres penyelesaian dalam waktu dekat akan sampai dengan Cigombong-Cibadak. Jalan Tol Bocimi seksi 2 ditargetkan selesai pada kuartal II/2023. Target tersebut sedikit bergeser akibat curah hujan yang tinggi beberapa pekerjaan konstruksi menjadi sedikit melambat. 

"Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat masih menunggu konfirmasi PMN namun proses pengadaan lahan pun tetap ongoing," jelasnya. 

Sementara itu, menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan bahwa pengalihan proyek Tol Bocimi dilakukan sebagai bagian dari rencana konsolidasi BUMN karya.  Dia menuturkan, Kementerian BUMN sudah memiliki road map konsolidasi BUMN karya bersama Boston Consulting Group. 

"Jangan palu gada artinya gara-gara rebutan proyek mereka membanting harga ya untuk mendapatkan proyek padahal cashflow-nya tidak ketemu,” katanya.(ra)