Bak di Film Horor! Begini Kondisi 'Kampung Mati Vietnam' di Jakarta Timur

Foto Kampung mati Vietnam Jakarta Timur (ist)
Foto Kampung mati Vietnam Jakarta Timur (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Di tengah padatnya Ibu Kota Jakarta, siapa sangka terdapat sebuah kampung tua yang nyaris tanpa penghuni. Kawasan ini banyak dikenal dengan sebutan 'kampung mati Vietnam'.

Kawasan perkampungan yang sudah lama ditinggalkan ini terletak di Jalan Diklat Depsos, Kramat Jati, Jakarta Timur. Kampung ini berada tepat di tengah permukiman warga Kelurahan Dukuh.

Pada tahun 1970an, kawasan ini merupakan tempat pengungsian warga Vietnam saat terjadi perang di negara mereka. Karena hal inilah kawasan tersebut banyak dikenal sebagai kampung Vietnam, meskipun saat ini kawasan tersebut sudah dibiarkan terbengkalai.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, Senin (3/7/2023), kampung ini berisi banyak bangunan tua yang sudah rusak dan tak berpenghuni. Suasana kampung ini tampak sangat mencekam bak di film-film horor.

Memasuki kawasan ini, terdapat sebuah gapura besar yang sudah tua masih berdiri kokoh. Di bawah gapura tersebut, terdapat aliran sungai kecil yang mengalir deras ke arah kiri kampung.

Usai melintasi sebuah jembatan kecil yang terbuat dari beton, ada bangunan tua yang sudah usang. Kemudian di sisi kiri terdapat rumah kosong berpenghuni yang di depannya terpampang plang putih.

Dalam plang tersebut tertulis tanah di kawasan ini merupakan milik Pemprov DKI Jakarta lengkap dengan luas tanah dan alamat perkampungan. Disebutkan kampung Vietnam ini memiliki luas wilayah sebesar 23.900 m2.

Menelusuri lebih dalam, jalanan setapak di kampung ini nampak hanya terbuat dari bebatuan dan kerikil yang sudah dipenuhi genangan air. Selebihnya jalan setapak yang masih bisa di akses masih berupa tanah dengan banyak kerikil dan tanaman liar di atasnya. Di beberapa titik, terdapat jalan yang sudah terbuat dari konblok. Namun kondisi jalan licin karena sudah dipenuhi lumut dan tanaman liar.

Semakin masuk ke dalam, semakin terlihat kawasan kampung Vietnam ini terletak di dataran paling rendah dekat dengan sungai. Di sisi-sisi jalan, terlihat bangunan tua yang sudah setengah hancur.

Sebagian besar rumah-rumah tua di sini hanya tersisa tembok tanpa atap. Pada bagian dalam bangunan pun tampak hanya dipenuhi sampah, tanaman liar, dan pepohonan.

Di salah satu sudut kampung, terdapat bangunan Mushola tua dengan rumput tinggi di bagian halamannya. Bangunan Mushola tersebut juga sudah tak beratap dan tidak pernah digunakan lagi untuk beribadah.

Meski begitu, di kawasan 'kampung mati' Vietnam ini nampak sejumlah rumah yang kemungkinan masih berpenghuni. Dibandingkan dengan bangunan di sekitarnya, kondisi sejumlah masih cukup terawat walaupun sudah sangat usang. Selain itu di salah satu rumah terparkir sebuah motor di depannya. Ada juga beberapa rumah yang terlihat memiliki kandang ayam dan burung di sekitar rumah tersebut.(da)