Udara Buruk Tetap Serang Hari Libur di Jakarta, Siapa Penyumbang Polusi Terbesar?

Polusi di Jakarta (foto: twitter)
Polusi di Jakarta (foto: twitter)


Gemapos.ID (Jakarta) Polusi udara di Indonesia sudah sampai di tingkat memprihatinkan. Bahkan di hari libur saja, polusi di kota paling berpolusi di Indonesia melebihi indeks kota paling berpolusi di dunia. Indonesia juga mengungguli India dan Cina dalam peringkat kota berpolusi.

Hal ini diungkapkan dari data situs pemantau kualitas udara IQAir pada yang dipantau pada pukul 06.00 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta menunjukan di angka 170 atau masuk dalam kategori tidak sehat dengan polusi udara PM2.5.

Situs pemantau kualitas udara dengan waktu terkini tersebut pun mencatatkan bahwa Jakarta menjadi kota dengan udara terburuk di dunia.

Adapun penyebab kualitas udara Jakarta yang buruk bermacam-macam. Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menjelaskan salah satu penyebab terbesar buruknya kualitas udara di Jakarta yaitu transportasi kendaraan pribadi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menyebut transportasi kendaraan pribadi menyumbang sekitar 70 persen penyebab kualitas udara buruk di Jakarta. Ia menyebut, apabila ingin mengurangi polusi udara di Jakarta, maka harus mengurangi mobilitas dengan kendaraan pribadi.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro mengungkap beberapa penyebab buruknya kualitas udara di langit Jakarta.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak pemerintah DKI Jakarta tengah menyiapkan strategi untuk meminimalisir polusi udara.

Adapun strategi pertama ialah peningkatan tata kelola yang berarti DLH DKI akan mengendalikan pencemaran udara melalui berbagai kebijakan dan regulasi.

Kemudian yang kedua, adanya strategi pengurangan emisi pencemaran udara di Jakarta. Salah satunya ialah dengan menggencarkan uji emisi dan penggunaan transportasi umum.

Untuk strategi terakhir yaitu Pemprov DKI Jakarta akan mengimbau kepada seluruh warga untuk melakukan pengecekan kondisi kualitas udara melalui aplikasi sesuai standar nasional seperti Jakarta Kini (JAKI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), atau Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU).(da)