Thailand Tumbang, Indonesia Jadi Satu-satunya Wakil Asia Tenggara di Piala Dunia U17

Timnas Indonesia U17 (ist)
Timnas Indonesia U17 (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Indonesia U-17 jadi satu-satunya wakil dari zona ASEAN dalam Piala Dunia U-17 2023 setelah negara-negara Asia Tenggara lainnya tak berdaya di Piala Asia U-17.

Vietnam jadi negara dengan performa terburuk di Piala Asia U-17. Dalam tiga laga di babak penyisihan yang dilalui, Vietnam hanya mampu meraih satu poin hasil imbang 1-1 lawan India.

Di dua laga berikutnya, Vietnam dibantai Jepang dengan skor 0-4 dan kalah tipis 0-1 dari Uzbekistan. Raihan satu poin itu membuat Vietnam mengakhiri Piala Asia U-17 dengan status sebagai juru kunci.

Hasil lebih lumayan dimiliki Malaysia. Malaysia bisa meraih tiga poin hasil menang 2-1 atas Laos. Namun di dua laga sebelumnya, Malaysia babak belur dihajar Yaman dengan skor 0-4 dan takluk 0-3 dari Thailand.

Thailand jadi wakil ASEAN dengan langkah terjauh di Piala Asia U-17. Mereka berhasil jadi juara grup A dan lolos ke perempat final. Namun Thailand gagal dalam langkah terakhir mereka mendapatkan tiket Piala Dunia U-17.

Di babak perempat final, Thailand kalah dengan skor telak 1-4 saat menghadapi Korea Selatan. Dengan kondisi itu, pupus sudah harapan Thailand menemani Indonesia sebagai wakil ASEAN yang berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

Alhasil, Indonesia bakal jadi satu-satunya wakil ASEAN di Piala Dunia U-17 2023. Indonesia akan tampil di kompetisi tersebut lewat status sebagai tuan rumah.

Asia punya empat slot menuju Piala Dunia U-17 2023. Empat slot tersebut jadi milik empat negara yang lolos ke semifinal. Sejauh ini Korea Selatan dan Iran sudah mengisi dua slot sebagai wakil Asia.

Dua wakil lainnya bakal ditentukan lewat laga semifinal hari Senin (26/6). Arab Saudi vs Uzbekistan dan Jepang vs Australia bakal menentukan dua pemilik tiket tersisa menuju Piala Asia U-17 2023 dari zona Asia.(da)