FIFA Terkejut Dengan Jumlah Wasit Untuk Liga 1 2023/24



Gemapos.ID (Jakarta) Perwakilan FIFA sudah melakukan seleksi untuk para pengadil lapangan yang bertugas di Liga 1 2023/24. Kualitas wasit Indonesia untuk memimpin Liga 1 2023/24 mendapat sorotan dari FIFA. Dari 160 lebih pengadil lapangan yang mengikuti tes cuma 18 orang saja yang lolos. Tak ayal kondisi tersebut perlu dibenahi. Semua ini dilakukan supaya wasit yang memimpin pertandingan di kompetisi Tanah Air bisa menjalankan tugasnya secara maksimal.

Liga 1 2023/24 akan dimulai pada 1 Juli mendatang. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi terus mempersiapkan semua aspek termasuk wasit jelang bergulirnya ajang tersebut.

"Hari ini perwakilan FIFA itu datang, artinya kalau kemarin adalah pra kick-off, tadi verifikasi dan kick-off implementasi VAR. Ada tiga sequence, pertama persiapan yang sudah kita lakukan ini sudah masuk dalam fase istilahnya memasuki babak baru untuk implementasi. Implementasi yang akan dilakukan VAR itu mulai dari peningkatan SDM. SDM itu orangnya dilatih, setelah ini juga akan ada pelatihan peningkatan wasit kemudian VAR, ada pengawas statistik, kemudian ada yang pegang komputer dan sebagainya," kata direktur utama PT LIB Ferry Paulus.

"Hanya memang teman-teman dari FIFA itu agak terkejut karena dari 160-an wasit tengah itu hanya 18 yang lolos. Ini juga yang menjadi kekhawatiran daripada teman-teman FIFA, apakah 18 ini betul-betul sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan oleh FIFA sebagai induk turunan kita," Ferry menambahkan.

Terkait kans menggunakan wasit di Liga 1 2023/24, Ferry belum bisa menjawab. Ia perlu membahas persoalan tersebut lebih lanjut dengan para pihak yang berwenang.

"Belum bisa dibicarakan karena memang masih tahap awal. Jadi baru pembahasan detail kualifikasi yang diharapkan karena belum ada tanggapan dari departemen kompetisi hasil dari seleksi tadi. Mungkin dalam 1-2 minggu ke depan akan terang benderang," ucapnya.(da)