Nabil Husein Semprot Shin Tae-yong Soal Pemain Tak Dapat Jatah di 2 FIFA Matchday

Nabil Husein (ist)
Nabil Husein (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Pelatih Timnas Indonesia dikritik oleh Bos Borneo FC, Nabil Husein karena tidak memainkan seluruh pemain dalam 2 agenda FIFA Matchday bulan Juni 2023.

Menurut Nabil Husein, Shin Tae-yong seharusnya mencoba dan memberikan pengalaman kepada semua pemain saat bertanding melawan Palestina maupun Argentina. Tidak hanya pelatih kepala Timnas Indonesia, para asisten Shin Tae-yong pun kena semprot oleh bos Borneo FC tersebut.

 

Nabil Husein meminta agar para asisten pelatih Shin Tae-yong tidak hanya diam saja, melainkan ikut memperjuangkan para pemain.

Tercatat, ada tujuh pemain Timnas Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong namun tidak mendapatkan menit bermain saat FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina. Mereka adalah Stefano Lilipaly yang merupakan bagian dari Borneo FC, Fachruddin, Rachmat Irianto, Yance Sayuri, Andy Setyo, Shandy Walsh dan Reza Arya.

"Ujicoba itu ya untuk mencoba. Lalu kenapa pada gak di coba @shintaeyong7777 ? Tentu semua pemain ingin punya harapan bisa bermain terutama melawan argentina. Bahkan hanya 1 menitpun tidak kau berikan. Tolong para asisten coach juga bersuara bukan pada diam aja manut dengan @shintaeyong7777," tulis Nabil Husein mengomentari unggahan akun instagram @pengamatsepakbola.

Kritikan Nabil Husein tersebut mendapatkan respons langsung dari asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. Menurut mantan bek Timnas Indonesia ini, pelatih tentunya memiliki taktik tersendiri untuk memberikan kesempatan bermain seorang pemain. Selain itu, dalam pertandingan terdapat aturan bahwa 11 pemain yang bermain dan diperbolehkan hanya 6 pergantian pemain. Sementara pemain yang dipanggil adalah sebanyak 25 pemain.

Nova Arianto memahami pastinya para pemain yang tidak mendapatkan jatah menit bermain akan kecewa. Shin Tae-yong sendiri dikatakan sudah meminta maaf kepada para pemain karena tidak bisa menurunkannya.

Selain itu, Nova Arianto memastikan bahwa pemilihan pemain dalam pertandingan bukan karena suka atau tidak suka, melainkan tentang taktik.

"Pasti ada yg kecewa dengan keputusan tersebut tetapi keputusan memainkan pemain bukan karena suka atau tdk suka tapi lebih karena kebutuhan tim dan taktik yg digunakan saat menghadapi palestina dan Argentina.. semoga bisa dimengerti dan tim ini sebagai persiapan Asian Cup di bulan Januari 2024 dan kami terus memantau pemain terbaik yg pantas dan pastinya bisa bermain dengan filosofi Head Coach. Semoga pemain tdk lepas Mental dan terus bekerja keras" tulis Nova Arianto.

Netizen ramai-ramai mengomentari tulisan Nabil Husein yang dianggap terlalu mengurusi cara pelatih memilih pemain.(da)