Tang/Tse Emosional Usai Maju ke Semifinal Super 1000 Pertamanya

hun Man/Tse Ying Suet (ist)
hun Man/Tse Ying Suet (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Pasangan ganda campuran Hong Kong Tang Chun Man/Tse Ying Suet merasa emosional usai memastikan tiket menuju semifinal Indonesia Open 2023, Jumat.

Ini merupakan semifinal turnamen BWF Super 1000 pertama Tang/Tse sejak China Open 2018, saat mereka ditaklukkan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Sejak saat itu, peruntungan mereka di turnamen berlevel sama tidak berjalan begitu baik.

“Jadi kami merasa selama turnamen atau pertandingan, hasil kami tidak bagus, setelah itu kami sering latihan tapi tetap masih merasa kurang (hasilnya),” kata Tang saat ditemui usai pertandingan babak perempat final Indonesia Open 2023 di Istora Senayan Jakarta.

“Jadi pertandingan hari ini benar-benar membuktikan bahwa kami selama ini melakukan latihan ada hasil. Kami merasa terharu dan kemenangan ini terasa sangat spesial, apalagi berhasil masuk semifinal,” ujarnya menambahkan.

Tang/Tse berhasil melenggang ke babak semifinal edisi terakhir Indonesia Open di Istora itu usai mengalahkan perlawanan sengit ganda campuran Belanda Robin Tabeling/Selena Piek 21-15, 23-25, 21-18.

Sempat unggul di gim pertama, ganda campuran yang berada di bawah asuhan pelatih asal Indonesia Flandy Limpele itu dapat disusul oleh Tabeling/Piek hingga memaksa kedua pasangan beradu stamina dan mental di gim kedua yang juga dihiasi dengan deuce.

Memiliki kedudukan sama 1-1, pasangan Hong Kong akhirnya mampu tampil lebih sabar dalam menanggapi serangan-serangan ganda Belanda dan merebut kemenangan di gim pamungkas.

“Di gim ketiga sebenarnya stamina kami sudah mulai menurun. Tapi kami tetap harus fokus untuk mendapatkan gimnya. Jadi setiap poin harus didapatkan dengan maksimal dan serius, hingga akhirnya kami mendapatkan kemenangan,” kata Tse.

“Pelatih juga memberikan pesan kalau di setiap pertandingan kita harus tenang, harus percaya diri. Itu pesan yang ditanamkan pelatih. Kami diminta main lebih tenang karena di sini (Istora), arenanya sangat riuh dengan sorak-sorai penonton,” imbuh dia.Dengan kemenangan ini, Tang/Tse akan menghadapi pemenang dari laga antara wakil Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kontra ganda campuran unggulan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino (da)