Deputi Penindakan Jadi Kapolda Metro, Elemen Sipil Dorong KPK Begini

Ilustrasi- KPK. (ist)
Ilustrasi- KPK. (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kapolri baru saja melakukan rotasi gerbong jajaran perwira tinggi dan menengah di tubuh Polri. Salah satu yang bergeser adalah Deputi Penindakan KPK Irjen Pol Karyoto yang dimutasi menjadi Kapolda Metro Jaya.

Sebelumnya Irjen Karyoto santer dikabarkan dikembalikan kembali ke institusi asal dari KPK yang mengundang banyak reaksi Publik.

Ketua Komunitas Rakyat Arus Depan Pancasila ( KOMRAD Pancasila) Antony Yudha Mengatakan bahwa dimutasinya Irjen Karyoto menjadi kapolda Metro Jaya jangan membuat KPK menjadi kendur dan tebang pilih penanganan kasus korupsi bahkan seharusnya harus lebih tegas lagi.

“Kepindahan Deputi Penindakan KPK seharusnya membuat KPK makin serius menangani kasus korupsi, Saya berharap kedepannya KPK dibawah pimpinan Firli Bahuri tidak balelo dan tebang pilih penanganan kasus-kasus Korupsi kedepannya dan jangan ada lagi Oknum-oknum di KPK yang bekerja atas dasar kepentingan tertentu atau intervensi politik,” ujar Antony.

Ditemui Terpisah, Ketua Umum Nasional Corruption Watch (NCW) Hanifa Sutrisna juga menyampaikan bahwa KPK kedepannya harus bekerja berdasarkan Fakta-Fakta Hukum dan mengedepankan Asas Keadilan dan Jangan ada oknum Tangan-tangan Jahat yang mencoba mengintervensi penangangan kasus di KPK.

“Penanganan kasus di KPK semestinya berdasarkan fakta dan bukti-bukti yang didapatkan atas peristiwa tindak pidana korupsi pada suatu kasus, bukan karena adanya titipan atau desakan dari pihak atau kelompok tertentu untuk mengkriminalisasi seseorang. Hal ini demi terciptanya keadilan yang hakiki di mata hukum, dan juga guna menghindari terjadinya saling balas “revenges” pada saat rezim berganti,” ungkap Hanif, pada kesempatan terpisah. (rk)