Jelang Pemilu, Polresta Barelang Ajak Warga Bijak Tanggapi Berita Hoaks

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri
Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri

Gemapos.ID (Jakarta) - Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri mengajak warga Batam Kepulauan Riau bisa bijak menanggapi berita-berita palsu (hoaks) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kepada warga Kota Batam untuk terus menjaga stabilitas keamanan menjelang pemilu 2024, hindari adanya hoaks terkait isu sara maupun politik. Mari kita jaga situasi keamanan untuk terus aman dan kondusif, jangan saling adu domba dan sebagainya, jadi terus tingkatkan stabilitas keamanan Kota Batam yang kondusif sehingga perekonomian terus meningkat,” ujarnya di Batam Kepulauan Riau, Jumat (10/2),

Dia mengatakan bahwasanya pesta demokrasi pemilu 2024 sebentar lagi akan di mulai, di situ terdapat Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baik Provinsi maupun Kota, dan pemilu legislatif yang akan dilaksanakan.

Menurutnya, saat ini media sosial paling cepat mengedarkan berbagai informasi termasuk berita hoaks yang akan mengundang berbagai opini yang belum benar informasi kebenarannya.

“Maka dari itu, siapa pun pilihannya, apa pun partainya, yang terpenting kita harus menjaga Kamtibmas tetap kondusif. Kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat lebih dewasa menanggapi berbagai informasi-informasi berita hoaks di media sosial dengan memperhatikan 3C (Cek, Ricek dan Croscek),” ucapnya.

Selain itu, Kapolresta Barelang juga sangat mengharapkan bagi para media-media untuk juga ikut andil mensukseskan pesta demokrasi melalui segala pemberitaan yang berkaitan dengan proses dan pelaksanaan Pemilihan Umum.

“Media juga merupakan rekan kerja bersama, berharap media dapat menyuarakan kebenaran, hal netral dan proporsional karena lewat media sangat penting dalam kontrol sosial terhadap isu-isu yang berkembang pada masyarakat bahkan pada pemerintah dan situasi nasional,” kata dia.(ap)