Polisi Nyatakan Pelaku Penembakan di MUI Telah Tewas

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin. (gemapos)
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin. (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Insiden penembakan terjadi di kantor majelis ulama Indonesia (MUI) Jakarta pusat, Selasa (2/5). Dalam Insiden itu, Polisi menyatakan pelaku penembakan telah tewas.

"Pelaku sudah meninggal. Nanti, kalau sudah dapat identitas pelaku, latar belakang dan sebagainya, modus dan sebagainya, nanti kita rilis," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dimintai konfirmasi, Selasa (2/5/2023).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah Cholil Nafis menyebut pelaku penembakan di kantor MUI pernah mengirim surat ancaman pembunuhan sebelum melakukan aksinya pada Selasa (2/5)

"Sepertinya orang ini dulu pernah kirim surat ke MUI, dia mengaku mencari keadilan sebagai Nabi. Ya, kita terima suratnya tapi menurut kami tak perlu ditanggapi," kata Cholil.

Cholil menyebut pelaku sudah berada di kantor MUI sekitar pukul 10.00 WIB. Pelaku kemudian melancarkan aksinya pada sekitar pukul 11.00 WIB. 

Ia juga menyebut aksi itu dilakukan saat para pimpinan MUI tengah melakukan rapat rutin tiap Selasa. Cholil mengatakan rapat terus dilanjutkan lantaran saat itu pimpinan beranggapan kondisi sudah ditertibkan oleh petugas keamanan.

Sedangkan wasekjen MUI, Arif Fahrudin mengatakan pelaku diduga mendatangi kantor MUI untuk bertemu Ketua MUI. Dia mengatakan pelaku merupakan orang yang berasal dari luar Jakarta.

"Hanya untuk ketemu Ketua MUI saja gitu. Dia dari Lampung naik travel," ujarnya. (pu)