Minimalisir Kejahatan di Kampus, Kapolresta Bandung Resmikan Pospol Telkom University

Peresmian Pos Polisi (Pospol) Telkom University di Jl. Sukabirus, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Peresmian Pos Polisi (Pospol) Telkom University di Jl. Sukabirus, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Gemapos.ID (Jakarta) - Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo meresmikan Pos Polisi (Pospol) Telkom University di Jl. Sukabirus, Desa Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, guna meminimalisir kejahatan di area kampus. 

Dalam peresmian tersebut, Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan Pos Polisi ini sebetulnya sudah ada sejak tahun 2012. Dimana sejak pamdemi covid-19, Pos Polisi tersebut tidak terurus.

"Alhamdulilah, hari ini kami Polresta Bandung bersama Telkom University telah memodernisasi Pos Polisi ini," kata Kusworo seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Titik Mulyana, Rabu (16/11). 

Kemudian, Kusworo menjelaskan tidak terurusnya Pos Polisi ini sejak pandemi covid-19, kegiatan kampus lebih banyak dilakukan secara online. 

"Saat ini sudah ada pembenahan-pembenahan, sekat-sekatnya dijebol jadi semakin luas," ujarnya.

"Kemudian airnya dijalankan kembali, dilengkapi dengan cctv, dilengkapi dengan soundsistem yang bisa memberikan imbauan khususnya area kampus," sambungnya.

Adapun, dengan adanya tekhnologi di Pos Polisi Telkom University ini, dirinya akan melibatkan personel Polresta Bandung khususnya Polsek Dayeuhkolot.

"Semoga kita bisa meminimalisir atau meniadakan kejahatan yang ada di kampus Telkom University," tuturnya.

Sementara itu, sempat disinggung apakah Pos Polisi ini menampung laporan dari para mahasiswa, Kusworo menegaskan untuk pelaporan tetap dilakukan di Polsek.

"Untuk pelaporan-pelaporan sementara masih di polsek, karena di sini sifatnya hanya memonitor pantauan seandainya butuh personel tambahan atau backup," ujar Kusworo.

"Dan sifatnya pencegahan, seandainya perlu patroli kepolisian, kemudian standby disini dan memanage security-security yang ada di wilayah Telkom University," tegasnya.

Kemudian, dirinya berharap dengan adanya Pos Polisi Telkom University, perkembangan kampus semakin kondusif dan kemonukasi dari Polres dengan Telkom University ini semakin baik.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya mengatakan dengan kembalinya Pos Polisi ini tentunya perlu mendapatkan tidak hanya keamanan, tetapi kenyamanan mahasiswa untuk melakukan interaksi di kampus.

"Ini salah satu kerjasama dengan Polresta Bandung, menunjukkan bahwa kami sangat konsen terkait dengan keamanan di kampus ini, itu yang pertama," kata Adiwijaya.

"Yang kedua bahwa, dari sisi kolaborasi kedepan itu tidak hanya sekedar menjaga keamanan, tetapi bagaimana interaksi ini melahirkan problem-problem yang ada di masyarakat, sosial kemasyarakatan kami bisa tahu juga," tambahnya.

Sehingga, lanjut Adiwijaya, akhirnya hasil riset informasi juga bisa bekerjasama dengan Polresta Bandung untuk menyelesaikan problem dimasyarakat.

Sementara itu, perlu diketahui, Pos Polisi Telkom University ini akan ditugaskan dari personel Polresta Bandung atau Polsek Dayeuhkolot. Terutama pada jam-jam rawan, karena memang hal ini sangat penting bagi mobilitas yang ada di kampus Telkom University.(ap)