Kalahkan Vietnam, Thailand Sabet Gelar AFF Ketujuh

Thailand memenangkan laga leg 2 Final Piala AFF 2022 dengan skor 1-0 atas Vietnam (ist)
Thailand memenangkan laga leg 2 Final Piala AFF 2022 dengan skor 1-0 atas Vietnam (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Thailand meraih juara Piala AFF untuk ketujuh kalinya usai mengalahkan The Golden Stars dalam final Piala AFF 2022 leg kedua, Senin (16/1/2023).

Tim Gajah Perang terlalu perkasa di kawasan Asean, sehingga kemenangan atas Vietnam terasa biasa saja bagi pemain.

Meski demikian, sejumlah fans yang memadati Stadion Thammasat merayakan kemenangan ini dengan bersuka cita. Mereka menjadi saksi gol tunggal Theerathon Bunmathan yang mampu mengantarkan Thailand mempertahankan gelar juara. Thailand menang secara agregat 3-2 melawan Vietnam

Tendangan kaki kanan Theerathon Bunmathan dari luar kotak penalti pada menit 24 membuat Thailand unggul 1-0 dari Vietnam. A Kraisom berperan sebagai assist terciptanya gol.

Thailand memang memiliki mental juara. Sepanjang pertandingan, Thailand mendominasi Vietnam. Permainan mereka jauh lebih terstruktur. Anak asuh Alexandré Pölking bermain efektif, dalam arti mampu menerjemahkan instruksi pelatih dengan akurasi umpan yang membuat pemain Vietnam tidak berkutik.

Kualitas Thailand terbukti saat mampu menahan imbang Vietnam 2-2 pada leg pertama yang dimainkan di My Dinh, Hanoi, Jumat (13/1/2023). Kualitas lapangan yang buruk-pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyebut rumput Thailand jelek-tak membuat performa Timnas Thailand ambruk.

Thailand sejatinya tidak tampil dengan sejumlah pilar mereka. Meski tidak diperkuat Chanathip Songkrasin, Thailand masih menjadi raja di kawasan Asean. Tak heran jika ada desakan agar Thailand tidak lagi berburu trophy di AFF.

Susunan Pemain Thailand vs Vietnam:

Thailand XI: Phatomakkakul; Bureerat, Kaman, Hemviboon, Pomphan, Haiprakhon; Yooyen, Chamrasamee, Bunmathan; Arjvirai, Kraisorn.

Vietnam XI: Van Lam; Van Thanh, Viet Anh, Ngoc Hai, Thanh Binh, Van Hau; Hoang Duc, Hung Dung, Tuan Anh; Tien Linh, Van Duc.(da)