SEA Games 2023: Siapa Lawan Indonesia di Semifinal?

Foto timnas U22 Indonesia (ist)
Foto timnas U22 Indonesia (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Indonesia sudah memastikan diri melaju ke semifinal cabang sepak bola putra di SEA Games 2023 dan berpeluang besar menjadi juara grup. Siapakah potensi calon lawan Merah Putih di fase berikutnya?

Saat ini, Indonesia memimpin klasemen Grup A dengan 9 poin, hasil dari tiga kemenangan dalam tiga laga. Fajar Fathur Rahman dkk juga sudah mengemas 11 gol dan belum kebobolan sama sekali.

Satu tiket tersisa ke semifinal dari Grup A akan diperebutkan Myanmar (6 poin) yang akan berjumpa Filipina dan Kamboja (4 poin) yang akan bertemu Indonesia di laga terakhir. Melihat posisi saat ini, Merah Putih hampir pasti menjadi juara grup.



Indonesia hanya akan gagal menjadi juara grup jika kalah telak atas Kamboja (misal kalah enam gol) dan di laga lain Myanmar menang besar atas Filipina (misal menang delapan gol). Sekilas, skenario itu amat sulit terwujud.

Sementara di Grup B, tiket ke semifinal sudah dipastikan menjadi milik Thailand dan Vietnam. Keduanya sama-sama meraih 9 poin dari tiga laga, namun Thailand (+7) unggul selisih gol dari Vietnam (+5).

Di laga terakhir, kedua tim akan saling bertemu demi memperebutkan posisi juara grup. Vietnam harus menang jika ingin finis teratas. Kalah atau seri akan membuat mereka finis di bawah Thailand, dan kemungkinan akan bertemu Indonesia.(da)