Bikin Penasaran, Berikut Asal Usul Permainan Lato-lato

Foto: Laot-lato (ist)
Foto: Laot-lato (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Siapa yang tidak tahu lato-lato, mainan yang sedang viral belakangan ini sukses mencuri perhatian berbagai kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Permainan lato lato merupakanmainan yang berasal dari Argentina, lato lato juga sempat menjadi mainan yang tren di Amerika pada tahun 1970.

Permainan yang satu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1960-an di Amerika serikat yang disebut sebagai clankers. Selain itu, permainan ini nyatanya tak bertahan lama, sebab memakan korban jiwa.

Asal kata lato-lato berasal dari bahasa Bugis. Di Makassar disebut katto-katto dan di tempat lain disebut etek-etek, nok-nok dan toki-toki. Meskipun lato-lato bukanlah permainan asli dari Indonesia, namun sejak tahun 1990-an menjadi tren dan menjadi permainan tradisional yang ikonik di berbagai daerah.

Ini adalah permainan tradisional yang populer sejak tahun 1990-an. Permainan ini dulunya tersebar luas di pedesaan. Kata lato-lato sendiri identik dengan bahasa Bugis tradisional. Nama permainan ini tentu saja berbeda di setiap daerah.

Saat pertama kali keluar, itu adalah permainan kaca. Cara memainkannya saat itu dianggap sangat berbahaya.
Bahkan, tidak jarang para pengguna game tersebut memukul game ini dengan keras. Hingga akhirnya pecahannya berhamburan dan mengenai tubuh seseorang.

Namun seiring berjalannya waktu, material mulai menggunakan plastik atau kayu. Dimainkan seperti ini, menjadi lebih ringan dan lebih aman daripada kaca.

Dengan suaranya yang khas banyak masa yang beranggapan negatif dengan lato-lato karna terkesan berisik dan mengganggu.

Dinas Pendidikan Daerah Pesisir Barat Lampu mengeluarkan surat edaran terkait larangan bermain lato-lato di kawasan sekolah karna suara nya yang khas dapat menggangu proses  blajar siswa.(da)