Timnas Indonesia U-20 Bakal Diguyur Bonus Jika Sanggup Bungkam Uzbekistan U-20

timnas Indonesia-gemapos
timnas Indonesia-gemapos

Gemapos.ID (Jakarta) - Kemenangan menjadi harga mati bagi timnas Indonesia U20 jika ingin lolos dari Grup A piala Asia U20 2023. Manajer sumardjijuga sudah menyiapkan bonus apabila benar-benar mampu menaklukkan Uzbekistan U-20, Selasa (7/3/2023) WIB.

Sumardji mengaku sudah berkoordinasi dengan manajer Timnas Indonesia U-20 lainnya, Endri Irawan, mengenai bonus bila mengalahkan Uzbekistan pada laga nanti. Bahkan, bonus yang disiapkan kabarnya bisa lebih besar dari yang diterima saat mengalahkan Suriah.

Buat bonus, tidak perlu saya sampaikan di sini. Nanti, pada saat terakhir. Namun, jangan khawatir saya sudah sepakat dengan Pak Endri," kata Sumardji.

"Dengan catatan, kita harus menang. Lebih dari pertandingan kemarin tidak ada masalah, saya persiapkan. Terpenting harus menang," tegas pria berpangkat Komisaris Besar Polisi itu.

Timnas Indonesia U-20 membutuhkan kemenangan dalam laga tersebut untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya. Apabila menelan kekalahan atau bermain imbang, maka nasib skuat Garuda Nusantara akan ditentukan oleh duel Irak melawan Suriah.

Sumardji juga sempat membakar semangat pemain Timnas Indonesia U-20. Menurut Sumardji, para pemain wajib kerja keras dan mengeluarkan kemampuan sesungguhnya dalam laga krusial melawan Uzbekistan tersebut.

"Kita semua sepakat dan punya niat datang ke sini untuk memperbaiki yang kurang baik, yang kurang bagus. Bagaimana kita memperbaiki semuanya untuk bisa meraih kemenangan lawan Uzbekistan," ujar Sumardji.

"Kita melihat lapangan sangat memprihatikan, jadi sangat tidak layak untuk dipakai latihan. Namun, kalian semua tetap menunjukkan semangat yang tinggi dan keinginan yang kuat. Sehingga kekurangan ini jangan dijadikan kelemahan, tetapi dijadikan semangat dan peluang untuk bisa berjuang lebih baik lagi," jelas Sumardji.

Selain itu, Sumardji juga berpesan agar pemain Timnas Indonesia U-20 tidak minder melawan Uzbekistan yang memiliki level berbeda. Timnas U-20 diharapkan bisa memposisikan diri sejajar dengan Uzbekistan sehingga tak gentar di lapangan.

"Jangan pernah gentar dan merasa kecil melawan Uzbekistan. Kalian harus tahu yang bisa mengalahkan diri kita hanya kita sendiri. Kalau lawan kita itu kita anggap lebih di atas maka kita harus memposisikan lebih tinggi," ucap Sumardji.

"Sehingga kita punya kemauan dan keinginan yang kuat untuk bisa mengalahkan siapa pun yang kita hadapi. Kuncinya adalah mental kalian menghadapi pertandingan berikutnya. Saya yakin dan percaya tim ini sama-sama berjuang, bekerja keras, mewujudkan impian dan keinginan apa yang menjadi seluruh warga kita yaitu kemenangan," harap Sumardji.

Timnas Indonesia U-20 juga diharapkan tidak kendur saat melawan Uzbekistan. Sumardji ingin pemain menunjukkan semangat berperang dan habis-habisan seperti saat menghadapi Suriah.

"Jangan pernah menghadapi Uzbekistan pada pertandingan nanti kendur sedikit pun. Kita lawan, kita berperang seperti kemarin. Kalian sudah membuktikan betul-betul perang, sungguh-sungguh, tidak mengenal lelah dan hasilnya kemenangan," tegas Sumardji.

Timnas Indonesia U-20 saat ini berada di urutan ketiga klasemen sementara Grup A Piala Asia U-20 2023 dengan nilai tiga. Adapun Uzbekistan ada di posisi puncak dengan nilai enam.