Teerasil Dangda, Mimpi Buruk Timnas Indonesia di GBK

Foto Teerasil Dangga saat duel udara dengan Facrudin (ist)
Foto Teerasil Dangga saat duel udara dengan Facrudin (ist)

Gemapos.ID (Jakarta)Teerasil Dangda bisa jadi mimpi buruk Timnas Indonesia saat bentrok dengan Thailand dalam ajang Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (29/12). Karena itu ia harus diredam.

Saat ini Dangda menjadi top skorer sementara Piala AFF 2022 dengan tiga gol. Striker 34 tahun ini melesakkan satu gol melawan Brunei dan dua gol saat jumpa Filipina.

Bukan hanya karena kesuburannya pada edisi kali ini, Dangda juga terbilang subur saat bertemu Indonesia. Sepanjang kariernya bersama tim Gajah Perang, sudah enam kali melawan Timnas.
Hasilnya sekali kalah, dua kali imbang, dan tiga kali menang. Yang menarik, striker G Pathum United ini melesakkan lima gol. Kesemua gol tersebut tercipta dalam ajang Piala AFF.

Dangda pertama kali membobol gawang tim Merah Putih di Piala AFF 2008. Pada 16 Desember 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Dangda mencetak gol di menit keenam. Indonesia kalah 0-1.
Terakhir kali Dangda membobol gawang skuad Garuda di partai final Piala AFF 2016. Pada pertandingan leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Dangda menyumbang satu gol meski akhirnya kalah 1-2.

Karena itu sosok Teerasil Dangda patut diberikan pengawasan secara cermat. Ia punya insting mencetak gol yang tinggi dan hal itu dibuktikan lewat statusnya sebagai pemegang rekor gol Piala AFF.

Bila Timnas Indonesia bisa meredam Teerasil Dangda, hal itu akan turut mengurangi ketajaman Thailand di lini depan.

Namun Timnas Indonesia tetap wajib waspada. Dalam skuad Thailand, pemain lain yang punya sejarah membobol gawang Timnas Indonesia adalah Bordin Phala, Adisak Kraison, Sarah Yooyen, Theeraton Bunmathan, Pansa Hemviboon.