Sepakat! Ini Konsekuensi Shin Tae-yong Jika Timnas Gagal di Piala AFF 2022

Persiapan Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 (Foto:PSSI)
Persiapan Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 (Foto:PSSI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan sudah sepakat dengan pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong soal target Garuda di Piala AFF 2022 adalah juara. Namun, jika gagal mewujudkan target tersebut, nasib Shin Tae-yong nantinya akan dibahas oleh anggota Exco PSSI, tentunya berdasarkan hasil dari Piala AFF 2022.

Sebagaimana diketahui, prestasi tertinggi Timnas Indonesia dalam piala AFF hanya sebatas runner up. Padahal, tim itu sudah lima kali masuk final dalam 11 kali keikutsertaan ajang tersebut.

Mochamad Iriawan mengatakan Timnas Indonesia harus meraih gelar juara. Sebab ia merasa pencinta sepakbola Tanah Air sudah sangat merindukan Timnas Indonesia bisa berprestasi.

"Insyaallah. Kami targetnya juara. Shin Tae-yong dan saya sepakat targetnya harus juara," ucap Mochamad Iriawan di Jakarta, Minggu (18/12/2022).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan jika target juara gagal tercapai, pihaknya pastinya akan segera melakukan evaluasi. Hal Itu dengan melihat performa Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 lebih dahulu.

"Tentunya nanti kami akan adakan perbaikan. Pastinya kami akan adakan diskusi dengan teman-teman Exco gimana ke depan. Akan tetapi, saya pikir semua proses, ya," sambung Iriawan.

Mochamad Iriawan juga mengatakan sejauh ini melihat Timnas Indonesia mengalami kemajuan di tangan pelatih asal Korea Selatan tersebut. Tentunya hal itu cukup positif untuk Marc Klok dan kolega, terutama untuk Shin Tae-yong yang kontraknya masih ada sampai akhir Desember 2023.

"Perkembangan di bawah Shin Tae-yong juga cukup signifikan termasuk kemarin kami bisa lolos Piala Asia luar biasa. Ada peningkatan ranking dari 179 ke 152. Kami hargai. Percaya kepada proses," imbuh Shin Tae-yong.

Pada Piala AFF 2022 nanti, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Dari empat laga itu, dua laga akan bermain tandang, dan dua pertandingan lagi dimainkan di kandang sendiri.

Timnas Indonesia akan memainkan laga kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat melawan Kamboja pada Jumat 23 Desember 2022 dan Kamis 29 Desember 2022.