Strategi Thailand Kalahkan Indonesia pada Final Piala AFF 2020

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Thailand Alexandre Polking mewaspadai permainan timnas Indonesia melawan timnya pada laga leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura pada Rabu (29/12/2021) malam.
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Thailand Alexandre Polking mewaspadai permainan timnas Indonesia melawan timnya pada laga leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura pada Rabu (29/12/2021) malam.

Gemapos.ID (Singapura) - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Thailand Alexandre Polking mewaspadai permainan timnas Indonesia melawan timnya pada laga leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura pada Rabu (29/12/2021) malam.

Dia mengamati Indonesia bisa tampil bertahan seperti saat melawan Vietnam secara baik.

“Namun, mereka pun bisa menyerang dengan agresif seperti saat berjumpa Kamboja dan Laos. Jadi kami harus siap dengan pendekatan-pendekatan tersebut," katanya di Jakarta pada Selasa (28/12/2021).

Pelatih Timnas Sepakbola Indonesia Shin Tae-yong dinilai memiliki pengalaman dan kaya akan strategi permainan bola. Kondisi ini dibarengi dengan kemampuan para pemain muda energik seperti Witan Sulaeman dan kawan-kawan tak kenal lelah.

Mereka bisa menjelajah ke seluruh sudut lapangan. yang berpotensi merepotkan Thailand.

"Indonesia tampil sangat baik sepanjang turnamen dan mereka pantas berada di final," uapnya.

Dengan demikian Timnas Thailand akan melakukan semua upaya menundukkan Indonesia. Dia tidak khawatir dua pemainnya absen dalam pertandingan ini yaitu bek kiri Theerathon Bunmathan dan Chatchai Budprom.

Theerathon Bunmathan menjalani sanksi akumulasi kartu kuning, sedangkan Chatchai Budprom mengalami cedera yang membuatnya harus absen sampai turnamen berakhir.

"Tentu saja itu bukan kabar bagus, tetapi kami mempunyai banyak pemain berkualitas lainnya," tutur Polking.

Gelandang timnas Thailand Sarach Yooyen memprediksi partai kontra Indonesia akan berjalan sulit.

Namun, dia yakin timnya dapat memenangkan pertandingan dan membawa pulang kembali trofi Piala AFF 2020 yang terakhir kali direbut pada 2016.

"Indonesia mempunyai pemain muda yang bagus. Kami harus mengurangi kesalahan, percaya diri dan menerapkan taktik sesuai rencana untuk memenangkan turnamen ini," tuturnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada final Piala AFF 2020 yang berlangsung dalam dua leg di Stadion Nasional, Singapura.

Leg pertama digelar 29 Desember 2021 pukul 19.30 waktu setempat dan leg kedua pada 1 Januari 2022 pukul 20.30 waktu setempat.

Pertemuan Indonesia dengan Thailand di final Piala AFF 2020 merupakan ulangan final Piala AFF 2000, 2002, dan 2016 yang semuanya dimenangkan Thailand. (ant/adm)