Mau Coba Pelihara Ikan Channa? Yuk, Simak Tipsnya Berikut Ini!

Ilustrasi: Ikan channa
Ilustrasi: Ikan channa

Gemapos.ID (Jakarta) - Ikan channa saat ini masih di gandrungi oleh para pencinta ikan hias, bahkan menjadi salah satu ikan favorit lho! Ada banyak treatmen khusus agar memaksimalkan ikan tersebut apalagi untuk ajang kontes.

Sebagai informasi, ikan Channa sering di sebut ikan gabus namun Berbeda dengan ikan gabus yang umum dikonsumsi, ikan ini memiliki corak tubuh yang unik serta warna yang cerah. Mau coba memelihara? Yuk, simak dulu cara merawat ikan channa berikut ini.

1. Pilih Aquarium Yang Sesuai

Pemilihan Aquarium harus sesuai lantaran beberapa jenis ikan chana dapat berumbuh hingga ukuran yang cukup besar. Pemilihan akuarim pun harus disesuaikan degan ikan yang kita beli jangan sampai ikan merasa sempit di aquarium yanng telah kita siapkan.

Kemudian, gunakan juga penutup aquarium dikarenakan ikan channa sendiri memiliki kemampuan untuk melompat jangan sampai ikan mati karena kita lupa menutup aquarium.

2.Pemillihan filter Aquarium

Ikan channa memang terkenal denga ikan yang memiliki kemampuan hidup cukup tinggi, ikan channa mampu bertahan hidup tanpa filter. Meski demikian kita harus memasang filter untuk menjaga kebersihan air di dalam aquarium.

Selain itu filter juga berfungsi untuk membasmi hama yang membahayakan si ikan. Selain, ikan channa juga cenderung menyukai air yang tenang, jadi untuk filterasi diusahakan jangan sampai membuat arus akuarium menjadi deras.

3. Perhatikan suhu air

Diusahakan air harus lembut, asam, dan rendah nutrisi. Ikan ini menyukai air pada suhu 27-28 derajat Celcius dengan tingkat pH antara 6-7,5.

Suhu yang tepat membuat ikan channa akan lebihnyaman, dan akan memaksimalkan pertumbuhan ikan.

4. Kesehatai Ikan

Ikan Channa sendiri mudah infeksi parasit dan bakteri, misalnya Amyloodinium ocellatum, yang ditularkan melalui tanaman atau ikan yang terinfeksi.

Infeksi ini dapat menyebabkan kepala ikan channa terus-menerus bergetar, berenang terbalik, dan tampak lesu. Jika hal tersebut terjadi, pilihlah obat yang ada di toko terdekat, seperti pemberian obat biru, atau daun ketapang.

5. Beri makanan berkualitas

Pemberian pakan harus diperhatikan dengan baik, ikan channa sendiri merupakan ikan predator, dialam liar biasanya ikan ini memakan ikan ikan kecil, serangga serta cacing sutra.

Begitu juga bila kita memelihara ikan canna di akuarium, makanan yang bernutrisi harus diberikan seperti, Jangkrik, Cacing tanah, Cacing Sutra, kita juga bisa memberikan makanan berupa pelet khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si ikan.

6. Penggantian Air

Meski ikan channa mampu bertahan di air yang terbilang extrim namun penggantian air harus tetap di lakukan secara berkala. 

Penggantian air pun tidak bisa langsung di ganti total. Biasaanya penghobi ikan Channa akan mengganti air hanya 50 persen dari volume aquarium karena jika langsung di ganti secara total dapat membuat ikan setres.(ap)