Situasi Dunia Tak Menentu, Menhan Prabowo Sampaikan Ini untuk Pemimpin Dunia

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat memberikan sambutan dalam acara VIP Aircraft Tour Indo Defence Expo and Forum 2022, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (4/11/2022). (ant)
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat memberikan sambutan dalam acara VIP Aircraft Tour Indo Defence Expo and Forum 2022, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (4/11/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto mengatakan para pemimpin dunia, terutama dari negara-negara berkekuatan besar, diharapkan bijaksana menghadirkan resolusi yang rasional dan damai untuk menghadapi keadaan dunia yang saat ini dinamis dipenuhi dengan ketidakpastian.

"Kami berharap para pemimpin yang bijaksana dari negara berkekuatan terkemuka di dunia ini akan keluar dengan resolusi rasional dan damai," ujar Prabowo saat memberikan sambutan dalam acara VIP Aircraft Tour Indo Defence Expo and Forum 2022, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (4/11/2022).

Melalui resolusi itu, lanjut dia, keadaan dunia yang dinamis dan dipenuhi dengan ketidakpastian dapat diatasi sehingga mampu menciptakan perdamaian dan kesejahteraan.

Prabowo menambahkan perdamaian dan kesejahteraan di dunia ini adalah satu-satunya jalan keluar untuk menghadirkan keamanan dan keselamatan bagi seluruh umat manusia.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo juga menyoroti mengenai pentingnya keberadaan komunikasi dan interaksi yang baik sebagai satu-satunya cara untuk menghentikan terjadinya kesalahpahaman dan persaingan antarnegara yang mengakibatkan situasi dunia saat ini bergejolak.

Menurutnya, segala bentuk kesalahpahaman dan persaingan antarnegara sudah sepatutnya dihentikan karena dunia saat ini semakin sempit sehingga setiap peristiwa yang terjadi di suatu negara akan berdampak secara global dan ikut mempengaruhi stabilitas, keamanan, dan keselamatan negara-negara lainnya.

Lebih lanjut, Prabowo mencontohkan salah satu upaya untuk menghadirkan komunikasi dan interaksi yang baik antarnegara itu dapat dilakukan melalui penyelenggaraan pertemuan ataupun forum internasional, seperti Indo Defence Expo and Forum.

"Menurut saya, acara seperti ini tidak hanya untuk industri pertahanan, tapi ada kemungkinan forum ini untuk berinteraksi, membuat kontak, dan komunikasi. Di sini kita melihat banyak pemimpin dari negara dengan pertahanan yang stabil. Di sini, kita dapat melakukan percakapan yang baik," ujar Prabowo.

Adapun dalam VIP Aircraft Tour Indo Defence Expo and Forum 2022, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma itu, para tamu undangan yang hadir disuguhi penampilan pesawat udara yang bermanuver dari Jupiter Aerobatic Team TNI Angkatan Udara atau akrab disapa The Jupiters, jet tempur Dassault Rafale, dan helikopter Black Hawk.

Terkiat penampilan dari The Jupiters, dengan mengendarai enam pesawat KT-1 Wong Bee buatan Korea Selatan, mereka menampilkan sejumlah manuver udara dengan kesulitan yang tinggi.

Salah satunya adalah manuver udara "Heart". Dalam manuver tersebut The Jupiters melukis langit dengan bentuk hati. Bentuk tersebut melambangkan tanda cinta dari The Jupiters pada Indonesia. (rk)