Pengganti Menpan-RB, Megawati Akan Bertemu Jokowi

Presiden Jokowi dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. (net)
Presiden Jokowi dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. (net)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal Agustus 2022.

Pertemuan itu menurut Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto untuk membahas pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB).

"Nama-nama kan sudah digodok dulu sehingga awal Agustus inilah nanti Ibu Ketum akan bertemu dengan bapak Presiden Jokowi dan di dalam pertemuan itulah akan disampaikan tidak hanya terkait dengan penggantian almarhum Mas Tjahjo," kata Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Minggu (31/7/2022).

Hasto mengatakan pihaknya menunda pembahasan sampai 40 hari wafatnya Tjahjo Kumolo. Hal tersebut dilakukan sebagai etika untuk menghormati kepergian politisi senior PDI Perjuangan tersebut.

Hasto juga menyebut nantinya Megawati dan Jokowi tidak hanya soal pergantian Menteri PAN-RB, tetapi ada hal lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Karena 40 hari nanti pada awal Agustus itu, sudah sebagai bagian dari etika yang dibangun oleh PDI Perjuangan yang menghormati seniornya yang wafat dan penggantiannya dilakukan setelah 40 hari. Tentu saja nanti ada hal lain yang dibahas dalam pertemuan antara Ibu Mega, Bapak presiden Jokowi," ujarnya.

Sebelumnya, Hasto memastikan bahwa yang akan menjadi Menpan-RB bukanlah dirinya. Meski namanya sempat disebut-sebut dan masuk dalam salah satu kandidat.

"Nama-nama sudah dibahas. Siapa itu? Bukan saya, karena saya lebih memilih membantu Bu Megawati mengurus partai. Nanti Bu Megawati yang serahkan (nama menteri PAN-RB yang baru) ke Pak Jokowi," ujar Hasto. (rk/rls)