Ditarget Rampung Akhir Tahun, Ini Progres Pengerukan Waduk Tiu Setu Cipayung

Proses pengerukan Waduk Tiu Setu, Cipayung, Jakarta Timur
Proses pengerukan Waduk Tiu Setu, Cipayung, Jakarta Timur

Gemapos.ID (Jakarta) - Kasatpel Sumber Daya Air Kecamatan Cipayung, Dian Kartika menyebut pengerukan lumpur Waduk Tiu di Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur, saat ini telah mencapai 50 persen. Pengerjaan itu ditargetkan rampung 100 persen pada akhir tahun. 

Menurutnya, pengerukan lumpur di waduk seluas kurang lebih 7 hektare itu menggunakan empat alat berat ukuran standar, sehingga butuh waktu lebih lama.

Tak hanya itu, akses masuk lokasi menjadi kendala yang tidak memungkinkan pihaknya mengerahkan alat berat jenis amphibi yang lebih besar.

"Kita masih terus lakukan pengerukan dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. Karena menggunakan alat berat yang standar jadi prosesnya butuh waktu," kata Dian, Jumat (17/6/2022).

Dian menjelaskan, lumpur hasil pengerukan dibuang di lokasi sekitar waduk untuk pembuatan tanggul serta jalan inspeksi sebagai akses perawatan waduk.

Selain itu, pengerukan waduk dilakukan untuk menambah daya tampung debit air dari Kali Sunter sebelum dialirkan kembali ke kali Sunter melalui saluran outlet yang ada.

"Ini sebagai upaya pencegahan terjadinya genangan atau banjir di sepanjang aliran Kali Sunter. Seperti Lubang Buaya, Cipinang Melayu, Pondok Bambu dan sejumlah daerah lainnya," pungkas Dian. (rk)