Tingkatkan Daya Tarik Wisata, Sandiaga Dorong Kepala Daerah Hadirkan Event Berkualitas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meluncurkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merangkum berbagai event di Indonesia, mulai dari tingkat provinsi hingga tingkat kelurahan/desa.

Event tersebut berisikan antara lain, event World Surf League QS 5000 Nias Pro di Pantai Sorake, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut). Selanjutnya event WSL QS 5000 Krui Pro di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Kemudian, Festival Saronde, yakni ajang promosi kebudayaan dan wisata bahari di Provinsi Gorontalo yang disebut menjadi destinasi unggulan

“Event-event seperti ini yang perlu coba kita koordinasikan lintas K/L (Kementerian atau Lembaga),” ucapnya.

Terkait hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dorong kepala daerah agar menghadirkan event yang unggul dan berkualitas untuk meningkatkan daya tarik wisata.

“Ini adalah upaya kita bersama untuk menjadikan event-event ini nantinya bisa menjadi daya tarik wisata, menjadi penggerak ekonomi daerah dan mampu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya lewat keterangan resmi di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, hari ini (24/5/2022).

Selain itu, Menparekraf juga meminta pemerintah daerah melakukan evaluasi di sektor event agar ke depannya dapat diarahkan menjadi lebih berkualitas. Salah satunya dengan menawarkan destinasi buatan serta keindahan alam maupun budaya.

“Kami mulai dengan menata wisata minat khusus. Misalnya eco tourism, sport tourism, hingga bagaimana digitalisasi meningkatkan penjualan produk ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Adapun, Acara "KolaborAksi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” ini dihadiri oleh kepala daerah dari Provinsi Gorontalo, lalu Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, serta Kabupaten Mandailing Natal yang ketiganya dari Sumut.

Tak hanya itu, event ini juga dihadiri kepala daerah Kabupaten Pesisir Selatan dari Sumbar, Kabupaten Kuantan Singingi dari Riau, Kota Bandar Lampung, serta Kabupaten Oku Selatan dan Kabupaten Musi Rawas dari Sumatera Selatan.(ant/ra)