Kemnaker Sadari Peralatan Balai K3 Ketinggalan Jaman

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan revitalisasi Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Balai K3) harus segera dilakukan pihaknya.
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan revitalisasi Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Balai K3) harus segera dilakukan pihaknya.

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan revitalisasi Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Balai K3) harus segera dilakukan pihaknya. 

Alasannya, sebagian besar peralatan sudah ketinggalan jaman, padahal, ini sangat penting memberikan pelindungan aspek keselamatan dan kesehatan bagi para pekerja. 

"Dalam perkembangannya, peran dari pengawas ketenagakerjaan memiliki tantangan lebih ke depannya. Standarisasi pengawasan K3 implementasinya ke depan akan terus mengalami modernisasi dan cakupan perusahaan dan pekerja yang diuji pun akan banyak," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Balai K3 Medan, Sumatera Utara (Sumut) belum lama ini. 

Kemnaker mengemukakan terus berupaya melakukan revitalisasi Balai K3 secara komprehensif sepertu Revitalisasi Peralatan Uji K3 dan Revitalisasi Pengembangan Laboratorium Keselamatan Kerja. 

 Kebijakan Revitalisasi Balai K3 dilakukan guna mendukung penerapan K3 yang perlu dilakukan dengan pengkajian secara mendalam, terutama kesiapan perangkat pendukung dari sisi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta peralatan.

Dengan Revitalisasi Balai K3 diharapkan terjadi percepatan promosi K3 secara meluas dan komprehensif. 

 "Bayangkan dengan cakupan luas bangunan yang hanya seluas 1.000 meter persegi, Balai K3 Medan ini harus melayani cakupan pelayanan K3 kepada perusahaan di seluruh pulau Sumatera, kecuali Provinsi Lampung, maka dari itu ini tentu merupakan tantangan bagi kita semua untuk bisa saling men-support satu sama lain," ujar Ida Fauziyah. (adm)