Waspada! Diduga Korsleting Listrik, Kebakaran Hanguskan 30 Rumah

Kondisi kebakaran di kawasan permukiman padat Jalan Batu Ceper VIII RT 04 dan RT 16 RW 01 Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir. Sabtu (6/4) malam. (foto:gemapos/beritajakarta)
Kondisi kebakaran di kawasan permukiman padat Jalan Batu Ceper VIII RT 04 dan RT 16 RW 01 Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir. Sabtu (6/4) malam. (foto:gemapos/beritajakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) - Korsleting listrik diduga jadi pemicu terjadinya kebakaran di kawasan permukiman padat Jalan Batu Ceper VIII RT 04 dan RT 16 RW 01 Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir. Sabtu (6/4) malam.

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Asril Rizal mengatakan, pihaknya menerima infomasi kejadian sekitar pukul 19.37 dari laporan warga ke Pos Pemadam Menteng dan diteruskan ke Command Centre

"Segera kita kerahkan petugas lakukan penanganan. Total sebanyak 16 unit pemadam dengan kekuatan 64 petugas dikerahkan," katanya, Minggu (7/4/2024).

Dijelaskan Asril, petugas pertama yang tiba di lokasi dikerahkan dari Pos Pasar Baru dan Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Saat tiba sekitar pukul 19.48, kondisi api sudah membesar. 

"Setelah dilakukan penanganan selama hampir satu jam, sekitar pukul 20.46 kebakaran sudah tertangani dan memasuki tahap pendinginan," jelasnya.

Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Ahmad Syaiful menjelaskan, berdasar keterangan yang dihimpun di lokasi, kejadian dipicu korsleting listrik exhaust ruangan kamar yang ada di lantai dua salah satu rumah warga.

"Api membesar dan merembet ke rumah lain yang berdekatan," tuturnya.

Meski tidak sampai mengakibatkan korban jiwa maupun luka berat, namun kejadian ini mengakibatkan 30 bangunan rumah warga hangus terbakar.

"Data sementara sekitar 141 jiwa kel Luasan area terdampak kebakaran sekitar 450 meter persegi," tandasnya. (rk/*)