Donor Darah di JIS Berhasil Kumpulkan 2.157 Kantong

Donor darah di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 2.157 kantong darah. (foto:gemapos/beritajakarta)
Donor darah di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 2.157 kantong darah. (foto:gemapos/beritajakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) - Dua hari pelaksanaan donor darah di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara sudah berhasil mengumpulkan sebanyak 2.157 kantong darah.

Ketua PMI Jakarta Utara, Rijal mengatakan, jumlah pendaftar mencapai 2.730 orang. Namun, setelah dilakukan skrining kesehatan ada yang belum memenuhi kualifikasi.

"Untuk bisa berdonor darah tentu ada tahapan atau prosedur yang harus dilalui. Sehingga, tidak semua pendaftar bisa melakukan donor darah," ujarnya, Rabu (27/3).

Rijal menjelaskan, untuk hari ini hingga pukul 17.30  WIB sudah ada 450 pendonor yang mendaftar.

"Alhamdulillah, tiga hari ini berjalan lancar. Selain paket sembako, kami juga menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa," terangnya.

Warga Kelapa Gading Timur, Fitryalestari (37) mengaku rutin mengikuti acara sedekah darah yang diadakan PMI Jakarta Utara.

"Alhamdulillah, meskipun sedang puasa bisa lolos dari tahap cek kesehatan dan bisa ikut mendonorkan darah," ungkapnya.

Ia juga merasa senang karena dalam.donor darah ini diberikan paket sembako yang sangat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Sembako ini sangat berguna, ada beras, minyak goreng, gula, dan biskuit. Ayo kita lakukan aksi kemanusian dengan mendonorkan darah untuk sesama," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Rorotan, Fatmawati mengaku sangat antusias mengikuti donor darah yang diinisiasi PMI Jakarta Utara.

"Ini yang pertama buat saya, kebetulan diajak teman saya. Saya sering mendaftar tapi saat cek kesehatan terus gagal. Alhamdulilah di bulan suci ini saya berhasil," tandasnya. (rk/*)