Harga Beras Premium Naik, Mendag Zulhas Percepat Penyaluran Beras SPHP

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) saat meninjau Pasar Rawasari, Jakarta, Senin, (19/2/2024). (gemapos/Kemendag)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) saat meninjau Pasar Rawasari, Jakarta, Senin, (19/2/2024). (gemapos/Kemendag)

Gemapos.ID (Jakarta)- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) tegaskan bahwa pemerintah akan mempercepat penyaluran beras melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ke pasar rakyat dan ritel modern. Langkah tersebut untuk mengantisipasi kenaikan harga beras premium di masyarakat akibat keterlambatan pasokan. Disampaikan Zulhas usai meninjau ritel modern Transmart di Pusat Perbelanjaan Kota Kasablanka, Jakarta, Senin (19/2/2024).

“Pemerintah mengambil solusi untuk mempercepat penyaluran beras SPHP dari Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) guna mengantisipasi kenaikan harga beras premium di ritel modern,” ujar Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman Kemendag, Selasa (20/2/2024).

Zulhas menjelaskan bahwa saat ini pasokan beras premium tidak sebanyak biasanya. Hal tersebut terjadi karena adanya gangguan cuaca seperti El Nino yang mengakibatkan penundaan masa tanam dan panen.

“Suplai lokal beras premium tidak sebanyak dulu karena El Nino, sehingga harganya (beras) naik. Sekarang ada beras Bulog SPHP yang menjadi alternatif. Gangguan suplai ke pasar harus ditanggulangi agar tidak melambat,” jelas Zulhas.

Ia pun meminta masyarakat untuk tidak cemas karena stok beras di Perum Bulog saat ini masih mencukupi. Selain itu, pemerintah melalui Perum Bulog akan menyediakan beras SPHP untuk memenuhi kebutuhan di ritel modern, sehingga dapat mengatasi keterlambatan pasokan beras premium.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. (Jika harga) beras premium mengalami kenaikan, masyarakat bisa membeli beras SPHP yang tersedia di pasar rakyat dan ritel modern,” imbuh Zulhas.

Sebagai informasi, saat ini tersedia stok beras yang melimpah di Bulog, yakni lebih dari satu juta ton. Pemerintah telah siap untuk menyalurkan beras Bulog guna memenuhi pasokan di pasar rakyat dan ritel modern melalui program SPHP beras di tingkat konsumen.

Adapun sebelumnya, Zulhas juga meninjau Transmart Cempaka Putih dan Pasar Rawasari, Jakarta. Dalam kegiatan ini, Zulhas didampingi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso.(kt)