Kemenhub Telah Lakukan Pelepasan Pelayaran Perdana Tol Laut Pada 2024

Suasana seremoni pelepasan perdana kapal tol laut di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/1/2024). (foto: gemapos/antara)
Suasana seremoni pelepasan perdana kapal tol laut di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/1/2024). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah melakukan pelepasan pelayaran perdana kapal angkutan tol laut KM Logistik Nusantara 3 yang dioperatori PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (16/1).

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga Buyung Lalana dalam keterangannya yanh diterima di Balikpapan, Rabu (17/1).

"Pada pelayaran perdana ini, KM Logistik Nusantara 3 membawa muatan 115 Teus, berupa bahan pokok dan penting seperti beras, minyak goreng, dan gula 77 Teus ke Tidore dan 38 Teus ke Jailolo," katanya.

Kemudian Buyung menyampaikan, Kemenhub terus berupaya meningkatkan pelaksanaan program tol laut guna mendorong konektivitas dan menekan disparitas harga di wilayah timur Indonesia.

Selain itu, kata dia, meningkatkan perkembangan wilayah tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan (3TP) sehingga menjadi wilayah yang memiliki aksesibilitas untuk melakukan aktivitas ekonomi dan sosial.

Sementara itu menurut Buyung, dengan dilaksanakannya pelepasan pelayaran perdana kapal tol laut, diharapkan kebutuhan akan barang pokok dan penting khususnya pada wilayah Maluku Utara, dapat terpenuhi dan dapat menjadi semangat baru untuk mendorong adanya pertumbuhan ekonomi pada wilayah setempat.

Sebagai informasi, KM Logistik Nusantara 3 akan melayani Trayek T-6 untuk wilayah Maluku Utara dengan rute pelayaran Tanjung Perak – Jailolo - Tidore - Tanjung Perak.(ap)