Libur Panjang Nataru, Penumpang Pelabuhan Muara Angke Melonjak

Ilusrasi-Penumpang di Pelabuhan Muara Angke meningkat pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (foto:gemapos/ol)
Ilusrasi-Penumpang di Pelabuhan Muara Angke meningkat pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (foto:gemapos/ol)

Gemapos.ID (Jakarta) - Jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara selama periode 23-25 Desember 2023 lalu tercatat mencapai 7.422 orang.

Lonjakan penumpang ini terjadi karena libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) yang banyak dimanfaatkan warga atau wisatawan berkunjung ke Kepulauan Seribu.

Dilansir dalam beritajakarta.id, Kepala Pelabuhan Muara Angke Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah (UPPD) I Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Ahmad Gozali mengatakan, lonjakan angka penumpang tertinggi terjadi Minggu (24/12) atau H-1 libur Natal dengan jumlah 3.143 orang.

Sementara, Sabtu (23/11) atau H-2 tercatat ada 2.708 orang dan Senin (25/11) kemarin berjumlah 1.571 orang.

"Saat libur Natal, jumlah penumpang fluktuatif. Selama tiga hari, tercatat jumlah penumpang yang menuju Kepulauan Seribu mencapai 7.422 orang," kata Gozali, Selasa (26/12).

Ia menjelaskan, sejauh ini telah disiagakan 21 kapal tradisional dan tujuh kapal Dishub untuk mengatasi lonjakan penumpang. Seluruh kapal yang bersandar di Pelabuhan Muara Angke sebelumnya sudah melewati pemeriksaan fisik demi keselamatan dan keamanan penumpang.

"Pengecekan kapal, baik pelampung dan fasilitas-fasilitasnya sudah dilakukan. Terkait harga tiket masih stabil. Pemesanan kapal Dishub tetap menggunakan aplikasi," jelasnya.

Gozali memprediksi, lonjakan penumpang akan kembali terjadi pada H-2 Tahun Baru 2024 mendatang. Pihaknya mengimbau warga yang ingin berwisata menggunakan transportasi kapal agar selalu waspada akan adanya perubahan cuaca.

"Sejauh ini situasi di Pelabuhan Muara Angke lancar, tertib dan aman. Cuaca juga dalam kondisi kondusif," tandasnya. (rk/*)