Soal Jumlah Menteri Prabowo dari PAN, Zulhas: Masih Proses, Itu Haknya Presiden

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. (gemapos/pan.or.id)
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. (gemapos/pan.or.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, merespon perihal soal susunan menteri Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nantinya. Zulhas menyebut bahwa koalisi akan membahas hal itu dalam pertemuan khusus, termasuk perihal jatah jumlah menteri dari partai partainya.

"Kami Koalisi Indonesia Maju belum membicarakan hal-hal yang strategis. Setelah ini MK dan penetapan KPU baru direncanakan nanti akan ada pembicaraan pertemuan. Karena kalau masih proses sudah ngomong macam-macam nggak elok, nggak tepat," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).

Zulhas turut merespon soal pernyataan Prabowo perihal jumlah menteri dari PAN yang akan lebih dari yang diprediksi PAN. Zulhas menyebut hal itu merupakan kehormatan bagi partainya.

"Soal pernyataan Pak Prabowo di sini, terhadap Partai Amanat Nasional tentu itu kehormatan bagi kita. Kan saudara-saudara tahu PAN perjalanannya bersama Pak Prabowo panjang panjang sekali, sudah lama. Suka duka panjang, tentu itu bagi apresiasi atau kehormatan bagi PAN," ucap Zulhas.

Kendati begitu, Menteri Perdagangan itu menyerahkan seluruh keputusan perihal itu kepada Prabowo. Zulhas menyebut, itu merupakan hak prerogatif Prabowo untuk menentukan.

"Tapi soal kabinet itu haknya presiden terpilih, hak prerogatif beliau, terserah kepada beliau. Kalau ke depan banyak, yang hebat-hebat banyak, silakan aja. Tapi kami ngerti aturan, kalau masalah menteri-menteri itu, hak penuh presiden terpilih," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto bicara soal kursi menteri saat buka puasa bersama dengan jajaran DPP PAN. Prabowo mengatakan mungkin Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketua Majelis Pertimbangan PAN Hatta Rajasa akan kaget soal kursi menteri.

Hal itu disampaikan Prabowo saat buka puasa bersama dengan jajaran DPP PAN di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan (21/3/2024). Di hadapan kader PAN, Prabowo mengaku tak akan melupakan yang berjuang bersama dirinya.

"Jadi nanti Pak Zulkifli Hasan dan Pak Hatta mungkin akan kaget dalam menyusun atau mengajukan mungkin yang diminta x mungkin yang dikasih bisa-bisa dikasih lebih dari x," kata Prabowo disambut riuh jajaran PAN.

"Tapi syaratnya, tentunya, syarat adalah memang akan diberi putra-putri yang terbaik," imbuhnya.(ns)