15 Ribu Lebih Wisatawan Kunjungi Pulau Seribu Saat Libur Tahun Baru

Wisatawan mengunjungi Pulau Seribu saat libur panjang Tahun Baru. (foto:gemapos/beritajakarta)
Wisatawan mengunjungi Pulau Seribu saat libur panjang Tahun Baru. (foto:gemapos/beritajakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan mengungkap sebanyak 15.402 wisatawan kunjungi pulau itu selama libur Tahun Baru 2024.

 

Wisatawan itu menuruntnya datang dari empat tempat keberangkatan yakni, Pelabuhan Muara Angke, Marina Ancol, Tanjung Pasir, dan dermaga Cituis.

 

"Tercatat, pada 31 Desember lalu ada 12.078 wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu. Kemudian, pada 1 Januari ada 3.324 wisatawan," kata Sonti dalam keteranganya di Jakarta, Rabu (3/1/2023).

 

Sonti merinci, kunjungan wisatawan yang melalui Dermaga Muara Angke sebanyak 7.073 orang, Marina Ancol 2.311 orang, Tanjung Pasir 5.625 orang, dan Dermaga Cituis ada 393 orang.

 

"Mayoritas wisatawan menyambangi pulau-pulau berpenduduk yang memiliki fasilitas dan acara menarik bagi wisatawan seperti bazar, panggung hiburan, hingga doa bersama," terangnya.

 

Ia menambahkan, saat malam pergantian tahun di Kepulauan Seribu banyak digelar  acara menarik. Misalnya, di Pulau Untung Jawa dan Pulau Panggang ada panggung Malam Muda Mudi.

 

"Ada juga hiburan yang mengangkat kearifan lokal di Pulau Kelapa. Acara ini diadakan agara wisatawan dan warga bisa merayakan Tahun Baru penuh suka cita," terangnya.

 

Sonti berharap, dengan kunjungan belasan ribu wisatawan itu dapat berdampak positif pada peningkatan perekonomian warga di Kepulauan Seribu. Sehingga, warganya semakin mandiri, maju dan sejahtera.

 

"Semoga Kepulauan Seribu semakin terkenal dan dipadati lebih banyak wisatawan. Kita juga akan terus mengembangkan spot-spot menarik dan hiburan rakyatnya," tandasnya. (rk/*)