Gelar Gathering Media di Bogor, Dirjen Bimas Hindu Singgung soal Prambanan

Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu (Dirjen Bimas Hindu) I Nengah Duija memberi sambutan  dalam kegiatan Medi Gathering di Santa Monica Resort, Bogor Jumat (8/12/2023) malam (foto: gemapos)
Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu (Dirjen Bimas Hindu) I Nengah Duija memberi sambutan dalam kegiatan Medi Gathering di Santa Monica Resort, Bogor Jumat (8/12/2023) malam (foto: gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta)- Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Hindu (Dirjen Bimas Hindu) I Nengah Duija menyinggung soal rancangan program pengembangan Prambanan dalam kontek keagamaan Hindu dalam kegiatan Medi Gathering di Santa Monica Resort, Bogor Jumat (8/12/2023) malam.

"Kedepannya sesuai arahan presiden Jokowi dan gus Yaqut tentang pengelolaan Prambanan dalam konteks keagamaan dan bukan hanya pariwisata, " ungkap Duija dalam sambutannya.

Selain itu, ia juga menyinggung perihal jumlah pengunjung ke Prambanan dalam setahun ini.

"Ada sekitar 18 ribu pengunjung yang datang ke candi prambanan," ujarnya.

Kemudian salah satu peserta menanyakan seputar asal pengunjung yang hadir ke Prambanan sesuai jumlah yang disampaikan. Prof Duija pun menyebut pengunjung tersebut juga berasal dari luar negeri.

"Dari 18 ribu itu bukan hanya dari indonesia, ada juga dari umat buda dan hindu dari luar negeri seperti india, kamboja tibet dan lain-lain," jelas Duija.

Sementara itu, Dirjen juga menyampaikan berbagai aktivitas ritual keagamaan yang dilakukan di Candi Prambanan. Dirinya pun menyebut jumlah kegiatan yang masuk kalender tetap di Candi Prambanan.

"Prambanan itu dalam aktivitasnya, kita ada sekitar 34 ritual keagamaan. Dan kegiatan itu sudah menjadi kalender tetap kita," ungkap Duija.(pu)