Berikut Profil dan Fakta Menarik KAWS, Seniman Idola Gen Z

Kaws Holiday (foto: instagram/Kaws)
Kaws Holiday (foto: instagram/Kaws)


Gemapos.ID (Jakarta) Ada kabar gembira buat kamu fans dari KAWS. Pasalnya, seniman asal Amerika bakal memamerkan karya seninya yang bertajuk KAWS:Holiday di Candi Prambanan mulai 19 Agustus hingga 31 Agustus 2023.

Apakah kamu sudah tahu sosok KAWS? Mengapa karya seninya selalu terjual mahal?, berikut profil KAWS yang perlu kamu tahu :

Biodata KAWS

Nama asli: Brian Donnelly
Tempat dan tanggal lahir: Jersey City, New Jersey, Amerika Serikat, 4 November 1974
Tempat tinggal: Brooklyn, New York, Amerika Serikat
Pendidikan: The School of Visual Arts New York City (SVA NYC)
Tahun memulai karier: 1990
Pasangan: Julia Chiang (Mrs. KAWS)

Saat sekolah di St. Anthony High School, Brian Donnelly sudah menciptakan 'KAWS' yang merupakan tag untuk dirinya sendiri.

Lalu apa makna KAWS? Tidak ada. Ya, Brian Donnelly membuat tag KAWS semata-mata karena dia menyukai susunan hurufnya. Brian lantas melukis atap sebuah bangunan dekat sekolahnya sehingga ia bisa melihatnya dari luar, bahkan saat belajar di jelas.
Selepas lulus SMA, ia melanjutkan pendidikan ke School of Visual Arts di New York City, menerima gelar Bachelor of Fine Arts dalam bidang ilustrasi pada tahun 1996.

Awal Mula Kaws

Tak serta merta menjadi seniman dengan membawa nama KAWS, Brian sempat bekerja untuk Jumbo Picture pelukis animator lepas untuk serial animasi 101 Dalmatians, Daria dan Doug. Setelah pindah ke New York City pada 1990-an, Brian menekuni seni grafiti dengan KAWS. Ia menjadi animator di siang hari dan seniman grafiti di malam hari.

Dari sana KAWS mulai menyubversi papan reklame, halte bus, dan bilik telepon, menggunakan kunci kerangka yang diberikan kepadanya oleh teman dan sesama seniman grafiti Barry McGee. Tidak hanya Amerika Serikat yang telah digambarinya, dia mulai merongrong di Paris, London, Berlin, dan Tokyo.

Gambar KAWS berkisar dari beberapa inci hingga sepuluh meter dan terbuat dari berbagai bahan termasuk fiberglass, aluminium, kayu, perunggu, dan sebagainya.

Inspirasi KAWS berasal dari pelukis traditional high art seperti Gerhard Richter, Claes Oldenburg, dan Chuck Close, yang membuatnya dibandingkan dengan orang-orang seperti Andy Warhol karena daya tarik lintas pasar dan kemampuannya untuk mengaburkan garis antara komersial dan seni rupa.

Karya dari Brian Donnelly telah dipamerkan di berbagai galeri dan museum, disimpan dalam koleksi permanen institusi publik di hampir seluruh dunia. Termasuk, dijadikan koleksi oleh oleh insividu seperti produser musik Swizz Beatz, PewDiePie, rapper Pharrell Williams, Kid Cudi, dan anggota boy group Korea Selatan, BTS.

Sementara itu, di tahun 1999, KAWS menciptakan Companion yang merupakan salah satu dari banyak karakter yang telah dibuatnya. Companion terinspirasi dari Mickey Mouse, Disney, yang wajahnya ditutupi menggunakan kedua tangan berbalut sarung tangan 'X'.

Produk dan kolaborasi KAWS selama 10 tahun terakhir

  • Untuk MTV Video Music Awards 2013, KAWS mendesain ulang trofi MTV Moonman dalam bentuk karakter "Companion" dan model 3D-nya digunakan untuk membuat versi tiup setinggi 60 kaki.
  • Tahun 2014, Kaws mendesain karya seni botol untuk aroma 'Girls', oleh Comme des Garçons dan Pharrell Williams.
  • Tahun 2016, KAWS menjalin kerja sama yang berkelanjutan dengan toko pakaian Uniqlo untuk memproduksi t-shirt dan aksesoris yang terjangkau. Lini utamanya adalah pakaian dan mainan lembut berdasarkan acara anak-anak populer Sesame Street.
  • Mei 2017, Museum of Modern Art (MoMA) di New York City merilis persediaan terbatas dari action figure KAWS Companion seharga $200, mengakibatkan situs web MoMA Design Store mogok karena arus lalu lintas yang super padat
  • Mei 2017, rumah lelang Inggris Phillips menjual patung perunggu KAWS Seated Companion (2011) dengan harga sekitar US $411.000.
  • Mei 2018, KAWS memasang dua patung Companion dan BFF setinggi 26 kaki di sebuah kompleks perbelanjaan di Changsha, Tiongkok.
  • Oktober 2019, KAWS meluncurkan "WAITING", sebuah patung di Greenpoint, Brooklyn yang terletak di depan 21 India Street.
  • Pada Juli 2021, KAWS berkolaborasi dengan Travis Scott.
  • Juli 2022, KAWS berkolaborasi dengan J-Hope, salah satu anggota BTS, untuk sampul album solonya.
    Rilis 2022 Sereal Monster General Mills menampilkan seni kotak oleh KAWS.

(da)