Mayoritas Wilayah Indonesia Akan Diguyur Hujan, BMKG : Waspadai Cuaca Ekstrem

Ilustrasi-hujan lebat (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi-hujan lebat (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorolog, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi mayoritas wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas yang berbeda pada Sabtu (2/12) hari ini. 

Dikutib dari laman resmi BMKG di Jakarta, pada Sabtu (2/12) diperkirakan akan turun hujan ringan di sejumlah wilayah yakni di Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, jambi, Ternate, Manokwari, Pekanbaru, dan Makassar. 

Adapun hujan dengan intensitas sedang diprakirakan akan terjadi di Bandung, Jayapura, Manado, Palembang, dan Medan. 

Sedangkan hujan disertai petir diprakirakan terjadi di Mataram, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Banjarmasin, Pontianak, Surabaya, Semarang, dan Banda Aceh. 

Namun di beberapa wilayah seperti Palangka Raya, Samarinda, Ambon, Kupang, serta Mamuju tidak akan diguyur hujan tapi diprakirakan barawan 

Selain itu di beberapa daerah lain juga diprakirakan cuacanya cerah berawan seperti di Bengkulu, Tarakan, Bandar lampung, dan Kendari. 

Tak lupa BMKG turut menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke dapan. 

“Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto. 

Tidak hanya itu terdapat beberapa fenomena yang terpantau cukup siginifikan serta dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia yakni, fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini mulai memasuki wilayah Indonesia bagian Barat. 

“MJO diprediksikan dapat terus aktif di sekitar wilayah Indonesia hingga periode dasarian I Desember 2023, dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia,” lanjutnya Guswanto.(kt)