Presiden Jokowi Resmikan 2 Bandara Papua

Tangkapan layar - Presiden Jokowi meresmikan bandara Bandara Siboru berlokasi di fakfak dan Douw Aturure di Nabire, Papua dengan menekan sirine, kamis (23/11/2023). Gemapos/Youtube sekretariat presiden)
Tangkapan layar - Presiden Jokowi meresmikan bandara Bandara Siboru berlokasi di fakfak dan Douw Aturure di Nabire, Papua dengan menekan sirine, kamis (23/11/2023). Gemapos/Youtube sekretariat presiden)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden RI joko Widodo dalam kunjungan hari kedua meresmikan Bandara Siboru berlokasi di fakfak dan Douw Aturure di Nabire, Papua. Peresmian tersebut serangkaian dengan kunjungan presiden Jokowi ke Papua untuk melalukan berbagai agenda.

" Alhamdulillah, segera kita resmikan pengoperasian bandara Siboru di Fakfak dan bandara Douw Aturure di Nabire," Ucap Presiden Jokowi dilansir dari laman youtube resmi Sekretariat Presiden, Kamis (23/11/2023).

Jokowi kemudian melanjutkan dengan mangatakan bahwa akses di Papua memang tidak mudah, dan terdapat daerah yang masih sulit untuk dijangkau oleh pemerintah. 

"akses di papua ini tidak mudah, masih banyak daerah-daerah yang sulit dijangkau, aksesnya sulit. perlu waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk sampai ke suatu daerah," terang Jok0wi.

Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa Papua semakin berkembang, sehingga membutuhkan fasilitas yang mampu mendukung perkembangan yang berlangsung. Keberadaan bandara tersebut disebutkan oleh Jokowi sebagai langkah pemerintah membantu mempercepat proses kemajuan di Papua.

"Bandara Siboru dan Bandara Douw Aturure yang kita resmikan hari ini akan meningkatkan konektivitas, mobilitas orang, meningkatkan mobilitas barang dan membuka banyak peluang untuk memicu tumbuhnya ekonomi-ekonomi baru," tegas Jokowi.

Sebagai Informasi, Bandara Siboru akan menjadi jembatan udara di wilayah Papua Barat. Presiden Jokowi menyebut bahwa bandara tersebut akan menghubungkan Fakfak dengan berbagai daerah, seperti Sorong, Timika, Kaimana, Amahai, Babo, Dopo, ke Pintuni serta yang lainnya. sedangkan bandara Doue Aturure yang berada di Nabire, papua Tengah akan menjadi penghubung dengan daerah seperti Timika, Manokwari dan Jayapura.

"Saya minta pemerintah daerah, masyrakat bisa memanfaatkan bandara ini sebaik-baiknya, memanfaatkan akses yang semakin terbuka untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di daerah kita ini,"pungkas Jokowi.

Jokowi kemuidan menutup sambutannya dengan meresmikan Bandara Siboru dan Douw Aturure dengan menekan tombol sirine dan penandatanaganan prasasti. (ns)