Luar Biasa! Presiden Jokowi Pimpin KTT Perayaan 50 Tahun Kerja Sama ASEAN-Jepang

Presiden RI Joko Widodo menghadiri KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Hotel The Okura, Jepang, Minggu (17/12/2023). (foto: gemapos/sekretariat presiden)
Presiden RI Joko Widodo menghadiri KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang di Hotel The Okura, Jepang, Minggu (17/12/2023). (foto: gemapos/sekretariat presiden)

Gemapos.ID (Jakarta)- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang yang digelar di Hotel The Okura, Jepang, Minggu (17/12).

Berdarkan informasi dari Sekretariat Presiden di Jakarta, kehadiran Presiden Jokowi dalam agenda tersebut merupakan kegiatan pada hari kedua dalam lawatannya ke Tokyo.

Diketahui bahwa Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di lokasi KTT sekitar pukul 09.50 waktu setempat, lalu disambut Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan melakukan sesi foto bersama.

Kemudian, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Selanjutnya, Presiden Jokowi, PM Kishida, bersama para pemimpin negara anggota ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi tampak berdiri di antara PM Kishida dan PM Vietnam Pham Minh Chinh.

Lalu usai foto bersama, Presiden Jokowi dan para pemimpin negara lainnya bersama-sama masuk ke ruang pertemuan untuk menghadiri KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan memimpin bersama jalannya KTT tersebut, mengingat Indonesia masih memegang keketuaan ASEAN.

"KTT ASEAN-Jepang ini juga merupakan kegiatan besar terakhir keketuaan Indonesia di ASEAN," ujar Menlu Retno dalam keterangannya pada Sabtu (16/12).(ap)