TNI AU Telah Siapkan Armada Untuk Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Wakasau Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman di Gedung Puri Ardhya Garini, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (23/11/2023). (foto: gemapos/istock)
Wakasau Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman di Gedung Puri Ardhya Garini, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (23/11/2023). (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman nyatakan pihaknya telah menyiapkan armada untuk mengantarkan logistik Pemilu 2024 ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Hal tersebut disampaikan Wakasau Agustinus di Gedung Puri Ardhya Garini, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (23/11).

"Kami diminta menyiapkan, terutama pesawat trasnport untuk dukungan-dukungan, seperti yang ditanyakan tadi (logistik Pemilu 2024)," katanya.

Meski demikian, kata dia, TNI AU belum berkomunikasi secara langsung dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terkait pengantaran logistik Pemilu 2024 ke daerah.

Selain itu, Agustinus pun belum mengetahui secara pasti berapa jumlah armada yang akan diperlukan untuk distribusi logistik Pemilu 2024 tersebut. Mengingat pemilu sebelumnya, ia mengatakan pihaknya tetap akan menyiagakan armada tersebut.

Sementara itu, terkait jenis dan jumlah armada yang disiapkan untuk mengantarkan logistik Pemilu 2024, Agustinus mengaku belum bisa menjelaskan secara rinci.

"Secara jumlah mungkin belum bisa disebutkan, tetapi mulai tahun depan diprioritaskan ke transportasi untuk dukungan ini (logistik pemilu)," tambahnya.

Sebelumnya, jajaran TNI Angkatan Laut (AL) juga telah menyiapkan armada kapal angkatan laut (KAL) dan kapal perang KRI untuk membantu distribusi logistik Pemilu 2024 ke daerah-daerah kepulauan yang hanya dapat diakses lewat jalur laut.

Setiap penyelenggaraan pemilu, TNI AL selalu mempersiapkan armadanya untuk membantu mengangkut logistik, seperti kotak suara dan surat suara.(ar)