BMKG: Ada Pertumbuhan Awan Hujan di Sebagian Kota-kota Besar Indonesia

Peta analisis Citra Satelit pertumbuhan Awan hujan signifikan yang berpeluang memicu hujan lebat di sebagian kota-kota di Indonesia, Kamis (23/11/2023). (foto:gemapos/bmgk)
Peta analisis Citra Satelit pertumbuhan Awan hujan signifikan yang berpeluang memicu hujan lebat di sebagian kota-kota di Indonesia, Kamis (23/11/2023). (foto:gemapos/bmgk)

Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya pertumbuhan awan hujan signifikan yang berpeluang memicu terjadi hujan lebat di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. 

“Analisis citra satelit 24 jam yang lalu menunjukkan pertumbuhan awan signifikan terdapat di berbagai besar wilayah Indonesia,” kata Prakirawan BMKG Shyndy Indah Pratiwi, Kamis (23/11). 

Berikut adalah penyebaran  pertumbuhan awan hujan yakni Sumatera, sebagain besar Kalimantan, Jawa Barat dan Jawa Tengah, Sulawesi bagian Tengah dan bagian Selatan, serta sejumlah kota di timur Indonesia seperti Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. 

Diketahui bahwa di Pulau Sumatera yakni di Kota Banda Aceh dan Tanjungpinang berpeluang terjadinya hujan yang disertai petir. Kota Pekanbaru berpotensi hujan dengan intensitas sedang, dan di Kota Medan berpeluang terjadinya hujan dengan intensitas ringan. 

Selain itu di Kota Bengkulu, Palembang, dan Pangkalpinang berpotensi terjadinya hujan disertai kilat, sehingga BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada. Hujan dengan intensitas lebat diprediksi akan terjadi di Bandar Lampung, sedangkan di Jambi berpotensi terjadinya hujan berintensitas sedang. 

Beralih ke Pulau Jawa, hujan diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang yaitu di Kota Bandung. Sedangkan di Kota Serang, Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta diperkirakan terjadinya hujan ringan. 

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan cerah berawan yakni di Denpasar dan Kupang. Sedangkan di Kota Mataram diperkirakan terjadinya hujan dengan intensitas ringan. 

Pulau Kalimantan berpotensi terjadinya hujan yang disertai dengan kilat Yakni di Pontianak dan Banjarmasin. Kota Samarinda berpeluang terjadinya huujan dengan intensitas lebat. Sedangkan di Palangkaraya dan Tanjung Selor diperkirakan akan hujan dengan intensitas ringan. 

BMKG menghimbau kepada masyarakat yang ada di Kota Gorontalo untuk waspada karena berpeluang terjadinya hujan petir. Sedangkan di Kota Mamuju berpotensi terjadinya hujan sedang dan hujan ringan di Kota Makasar. 

Di wilayah timur Indonesia secara umum diperkirakan hujan ringan yakni di Kota Ternate, Manokwari, Jayapura dan Ambon.

Suhu udara di kota-kota besar yang ada di Indonesia berkisar antara 19 hingga 37 derajat Celcius dengan kelembaban udara antara 5 hingga 100 persen. (pa)