BMKG Telah Mengeluarkan Peringatan Dini Hujan Sedang-lebat di NTB

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Barat.

"Masyarakat harus waspada terhadap potensi curah hujan tinggi yang disertai petir dan angin kencang selama tiga hari ke depan di NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Zaenudin Abdul Majid Lombok Nur Siti Zualichah dalam keterangan tertulisnya di Praya, Rabu.

BMKG menyatakan peringatan dini curah hujan sedang hingga lebat pada tanggal 18 Januari itu diprediksi terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu.

Pada Kamis (19/1) potensi hujan diprediksi terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu.

Pada Jumat (20/1) potensi hujan diprediksi terjadi di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Kabupaten Dompu.

"Prediksi hujan terjadi dari pagi hingga sore hari di sebagian wilayah NTB," katanya.

BMKG juga menyatakan potensi bencana hidrometeorologi dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal, seperti hujan lebat, angin kencang, tanah longsor, dan banjir.

"Masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari," katanya.(ri)