Banjir Rusak Satu Jembatan Gantung di Meureumen Aceh Barat

Jembatan Gantung di Kecamatan Ceureumen Rusak parah akibat diterjang banjir setelah diguyur hujan beberapa hari belakangan, Selasa (21/11). (gemapos/Antara)
Jembatan Gantung di Kecamatan Ceureumen Rusak parah akibat diterjang banjir setelah diguyur hujan beberapa hari belakangan, Selasa (21/11). (gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta) – Jembatan Gantung yang menghubungkan antara Desa Manggi dan Desa Menuang Kinco, Kecamatan Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat dilaporkan mengalami kerusakan parah akibat diterjang banjir akibat luapan sungai setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut, Selasa (21/11/2023).

“Benar ada satu jembatan gantung yang dilaporkan rusak, saat ini masih dalam pendataan petugas,” kata Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Mashuri, di Meulaboh, Selasa (21/11).

Hingga Selasa sore pihaknya masih terus melakukan pendataan serta penanganan pada sejumlah kecamatan yang ikut terdampak banjir akibat luapan air sungai tersebut.

Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi sejak beberapa hari belakangan ini menjadi pemicu terjadinya bencana banjir di Kabupaten Aceh Barat.

Diketahui sebelumnya Camat Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat Zulkarnain mengatakan bahwa putusnya jembatan gantung yang menghubungkan Desa Manggi dan Desa Menuang Kinco di Kecamatan setempat akibat adanya terjangan arus sungai yang meluap akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut.

Adapun dampak yang ditimbulkan dari kerusakan jembatan gantung tersebut yakni menyebabkan akses transportasi terganggu, karena jembatan gantung tersebut selama ini sering digunakan oleh masyarakat untuk beraktivitas.

Pihak Kecamatan Pante Ceureumen juga sudah melaporkan peristiwa tersebut kepada pemerintah kabupaten. Diharapkan bahwa kerusakan ini dapat segera diatasi. (kt)