Coldplay Sumbangkan Kapal Pembersih Sampah untuk Indonesia, Seperti Ini Bentuknya!

Screenshot- Kapal Neon Moon II (foto: gemapos/ig;theoceancleanup)
Screenshot- Kapal Neon Moon II (foto: gemapos/ig;theoceancleanup)

Gemapos.ID (Jakarta)- Coldplay sukses menggelar konser bertajuk Music of The Spheres di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Rabu (15/11). Sebagai bentuk ucapan terimakasihnya, Chris Martin cs memberikan kejutan untuk Indonesia dengan menyumbangkan kapal pembersih sampah.

Diberikannya kapal pembersih sampah tesebut adalah bentuk dukungan Coldplay untuk memperbaiki kerusakan lingkungan.Adapun foto kapal pembersih sampah dari Coldplay tersebut diperlihatkan oleh akun Instagram The Ocean Cleanup.

The Ocean Cleanup mengunggah video kapal yang diberi nama Neon Moon II itu pada Kamis (16/11). Sebagai informasi, Ocean Cleanup adalah organisasi yang mengembangkan teknologi guna melakukan pembersihan sampah plastik di perairan.

"Coldplay terus mendukung misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan plastik dengan mengadopsi interceptor kedua, Interceptor 020 alias Neon Moon II akan ditempatkan di Sungai Cisadane, Jakarta," terlihat dalam keterangan dalam akun The Ocean Cleanup.

The Ocean Cleanup mengatakan bahwa Kapal Neon Moon II berwarna biru-putih tersebut tengah dipersiapkan dan bisa dilihat progresnya di website atau akun Instagram The Ocean Cleanup.

"Nantinya bentuk kapal sampah di Cisadane tak jauh berbeda," Katanya.

Sebelumnya, Pada 2021 Coldplay juga menyumbangkan kapal Neon Moon I untuk membersihkan sungai di Malaysia. Dalam video yang diunggah diperlihatkan bagaimana cara kerja kapal Neon Moon di Sungai Klang Malaysia.

Diketahui bahwa kapal Neon Moon I sudah berhasil membersihkan sekitar 1 juta kilogram plastik dan mencegahnya sampai ke lautan. Kapal tersebut mengambil sampah plastik dari perairan dan mengolahnya.

Sementara itu, Kapal Neon Moon yang disumbangkan Coldplay, tengah dikembangkan dan akan digunakan di kawasan Asia Tenggara. Kapal Neon Moon ditargetkan untuk membersihkan sekitar seribu sungai di seluruh dunia.

"Sangat menyenangkan bagi kami untuk melibatkan Coldplay dan bekerjasama memberikan dampak besar melawan polusi plastik di Asia," kata Boyan Slat, founder dan CEO The Ocean Cleanup dalam website resmi mereka.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Coldplay atas bantuan mereka dan sangat tidak sabar melihat Neon Moon II beraksi dan menanggulangi sampah," sambungnya.

Diharapkan Kapal Neon Moon II dapat menanggulangi sekitar 1.000 ton plastik di Sungai Cisadane yang mungkin akan sampai ke Laut Jawa setiap tahunnya.(ra)